TINJAUAN YURIDIS-NORMATIF TERHADAP SENGKETA AKAD MUD}A<RABAH DI PENGADILAN AGAMA BANTUL (STUDI ATAS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BANTUL NOMOR : 0463/PDT.G/2011/PA.BTL)

AHMAD KHOLIQUL ROHMAN , NIM.07350086 (2012) TINJAUAN YURIDIS-NORMATIF TERHADAP SENGKETA AKAD MUD}A<RABAH DI PENGADILAN AGAMA BANTUL (STUDI ATAS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA BANTUL NOMOR : 0463/PDT.G/2011/PA.BTL). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 memberikan kewenangan baru pada Pengadilan Agama berkaitan dengan kewenangan penyelesaian sengketa akad mud}a>rabah. Kewenangan itu diatur dalam penjelasan Pasal 49 huruf (i) yang menyebutkan bahwa Pengadilan Agama berwenang mengadili perkara ekonomi syari‟ah. Tahun 2010, PA Bantul telah menangani satu perkara ekonomi syari‟ah no 0463/PDT.G/2011/PA.BTL dalam hal sengketa akad pembiayaan mud}a>rabah. Salah satu alat bukti yang digunakan dalam memutus perkara sengketa akad mud}a>rabah adalah bukti tertulis berupa transaksi dan alat bukti saksi. Aspek penyebab terjadinya sengketa, langkah-langkah hakim dalam penyelesaian sengketa dan aspek keputusan hakim dalam penyelesaian sengketa menjadi pokok permasalahan yang penyusun kaji. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyelesaian sengketa akad mud}a>rabah dan pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara yang berkekuatan hukum tetap serta memenuhi rasa keadilan bagi pihak-pihak yang bersengketa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan berbasis pada penelitian putusan pengadilan (library research) yang bersifat deskriptif-analitatif. Dengan menggunakan pendekatan normatif-yuridis penyusun mencoba menitikberatkan analisa pada proses penyelesaian sengkata akad mud}a>rabah baik berupa alat bukti tertulis, saksi, sampai pada pertimbangan dan putusan Hakim atas perkara Nomor: 0463/Pdt.G/2011/PA.Btl. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini dapat menggambarkan secara menyeluruh dan sistematis mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan analisis normatif-yuridis terhadap sengketa akad mud}a>rabah di Pengadilan Agama Bantul (Studi atas Putusan Pengadilan Agama Bantul Nomor : 0463/Pdt.G/2011/PA.Btl). Selanjutnya teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi data primer dan data sekunder, sedangkan data lapangan yang diperoleh melalui wawancara langsung (depht interview) dijadikan sebagai data pendukung. Setelah dilakukan penelitian dan analisis, hasilnya menunjukkan bahwa Putusan Pengadilan Agama Bantul Nomor : 0463/Pdt.G/2011/PA.Btl dapat disimpulkan bahwa: 1) Pengadilan Agama Bantul dalam menangani sengketa akad pembiayaan mud}a>rabah sudah memenuhi ketentuan hukum acara yang berlaku dan telah dilakukan tahapan-tahapan proses persidangan, 2) Hakim Pengadilan Agama Bantul dalam menyelesaikan sengketa akad mud}a>rabah telah cukup tepat dengan dasar hukum pertimbangannya yang mengacu pada Peraturan Perundangan-undangan yang terkait seperti Undang-Undang Pengadilan Agama, KUH Perdata, Yurisprudensi, PBI, Peraturan Mahkamah Agung, dan Hukum Islam yang berhubungan dengan sengketa akad mud}a>rabah akan tetapi catatan dari penyusun hakim dirasa belum memenuhi aspek keadilan karna dalam pertimbangan hukumnya, hakim nampak mengenyampingkan alat alat bukti yang terungkap dipersidangan. Kata Kunci: Sengketa mudarabah, Pengadilan Agama, Putusan Pengadilan Agama Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sengketa mudarabah, Pengadilan Agama, Putusan Pengadilan Agama Bantul
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Mar 2014 08:12
Last Modified: 13 Apr 2016 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum