ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN SEMESTER GENAP BAHASA ARAB KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN PROGRAM QUEST DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

M. ARIF HIDAYATULLOH, NIM. 06420010 (2013) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN SEMESTER GENAP BAHASA ARAB KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN PROGRAM QUEST DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN SEMESTER GENAP BAHASA ARAB KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN PROGRAM QUEST DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN SEMESTER GENAP BAHASA ARAB KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DENGAN PROGRAM QUEST DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan dengan menganalisisnya dari segi kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mengukur validitas logis dari soal. Analisis secara kualitatif dilakukan dengan menggunakan tabel dari dinas pendidikan yang meliputi aspek materi, konstruksi, dan bahasa/budaya juga menggunakan tabel taksonomi bloom yang direvisi oleh Anderson dan Krathwol. Analisis secara kuantitatif digunakan untuk mengukur validitas empiris dan reliabilitas soal yang diteliti. Analisis kuantitatif menggunakan dua teori yaitu teori klasik dan teori respon butir. Analisis secara kuantitatif inilah yang pengerjaannya menggunakan program analisis data quest. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan menjelaskan kualitas soal yang dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif dilakukan dengan mengundang peneliti ahli yaitu guru SMP Muhammadiyah 3 Depok, SMP Muhammadiyah 1 Sleman, dan SMP Muhammadiyah Pakem. Sampel yang digunakan dalam analisis kuantitatif adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok yang berjumlah 132 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengambil seluruh hasil ulangan semester genap siswa. Analisis secara kuantitatif dilakukan dengan memasukan seluruh hasil jawaban siswa kedalam program quest yang nantinya akan keluar hasil dalam satu folder yang disiapkan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa soal dikategorikan baik secara materi karena soal memenuhi empat pernyataan dalam tabel analisis. Pada aspek konstruksi soal mempunyai kriteria baik dikarenakan memenuhi sepuluh pernyataan yang ada dalam tabel analisis. Pada aspek budaya/bahasa soal juga mempunyai kriteria baik dikarenakan memenuhi empat pertanyaan yang ada dalam tabel analisis. Hasil analisis menggunakan taksonomi bloom dalam dimensi kognitif diperoleh 30% yang termasuk mengingat, 60% memahami, dan 10% menerapkan. Adapun dimensi pengetahuan diperoleh hasil 44% yang termasuk pengetahuan faktual, 46% yang termasuk pengetahuan konseptual, dan 10% yang termasuk pengetahuan prosedural. Hasil analisis kuantitatif menggunakan teori klasik diperoleh hasil bahwa soal bahasa arab dikategorikan cukup baik, karena memiliki 16 soal atau 32% berkategori baik, 20 soal atau 40% cukup baik, dan 14 soal atau 28% soal tidak baik. Secara kuantitatif dengan pendekatan teori respon butir diperoleh hasil bahwa soal bahasa arab dikategorikan sangat baik, karena memiliki 46 soal atau 92% berkategori baik, dan 4 soal atau 8% tidak baik. Kata Kunci : Analisis Butir soal, analisis kualitatif, analisis kuantitatif, taksonomi bloom, teori klasik, teori respon butir, program quest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Feb 2014 09:33
Last Modified: 28 Apr 2017 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum