ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MUZZAKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Yogyakarta)

DENI RIANI , NIM.08390140 (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MUZZAKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat islam dan termasuk rukun islam yang ke-3. Setiap harta yang dimiliki oleh orang muslim wajib ditunaikan zakatnya baik itu berupa harta barang dagang, hewan ternak dan lain sebagainya termasuk pendapatan atau gaji. Zakat pendapatan yang disebut dengan istilah zakat profesi merupakan hal yang baru sehingga penerapannya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perilaku muzaki dalam membayar zakat di BAZNAZ Kota Yogyakarta. Dengan variabel pengetahuan, regulasi, kredibilitas dan akuntabilitas lembaga. Jumlah responden dalam penelitaian ini sebanyak 100 responden. Hasil pengujian model (uji f) menunjukkan model signifikan, artinya faktor pengetahuan, regulasi, kredibilitas dan akuntabilitas secara simultan berpengaruh terhadap perilaku muzaki dalam membayar zakat. Sedangkan hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dan regulasi memberikan pengaruh tidak signifikan sedangkan variabel kredibilitas dan akuntabilitas lembaga memberikan pengaruh yang signifikan. Kata kunci : perilaku muzaki, pengetahuan, regulasi, kredibilitas, akuntabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perilaku muzaki, pengetahuan, regulasi, kredibilitas, akuntabilitas
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 08:12
Last Modified: 23 Sep 2016 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum