TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN KELUARGA BAGI KELUARGA TRANSMIGRAN DAN PERANTAU (STUDI KASUS DI DESA PANCA MULYA, KECAMATAN SEI BAHAR, KABUPATEN MUARO JAMBI, JAMBI)

SETYO HARI SUBAGIANTO, NIM. 08350083 (2012) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN KELUARGA BAGI KELUARGA TRANSMIGRAN DAN PERANTAU (STUDI KASUS DI DESA PANCA MULYA, KECAMATAN SEI BAHAR, KABUPATEN MUARO JAMBI, JAMBI). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Perkawinan yang sah akan mengakibatkan timbulnya hukum baru, dengan demikian akan memunculkan hak dan kewajiban sebagai suami isteri. masingmasing suami isteri jika menjalankan kewajibanya dan memperhatikan tanggungjawabnya, maka akan terwujud ketentraman dan ketenangan hati sehingga sempurnalah kebahagiaan suami isteri tersebut. Keberhasilan perkawinan tidak akan tercapai, kecuali jika kedua belah pihak memperhatikan hak dan kewajibannya masing-masing. Dalam Islam diterangkan, bahwa pembagian aktifitas rumah tangga antara suami-isteri adalah tuntutan fitrah. Islam adalah agama fitrah sehingga sudah semestinya semua yang dilakukan sesuai fitrahnya. Dengan begitu akan mendapatkan hasil yang baik pula, sama seperti halnya hak dan kewajiban keluarga. Obyek penelitian penyusun terfokus pada 2(dua) keluarga, yaitu: keluarga transmigran dan keluarga perantau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara dengan 8 responden dari masyrakat setempat Desa Panca Mulya, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi dan studi kepustakaan yang dilakukan dengan mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptifanalitik, yaitu penelitian yang menggambarkan realitas yang ada dan menganalisa secara mendalam makna dan usaha membentuk keluarga sakinah para keluarga transmigran dan perantau. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan normatif dan yuridis Berdasarkan metode yang digunakan maka terungkaplah bahwa keluarga transmigran dan perantau di Desa Panca Mulya memiliki hak dan kewajiban keluarga yang sama tetapi cara mereka memenuhinya yang berbeda. Hak dan kewajiban yang berjalan di setiap keluarga berbeda-beda. Perbedaan yang sangat terlihat dari keluarga transmigran dan perantau adalah tentang peran suami dalam memenuhi nafkah batin anak dan isteri. Keluarga transmigran tidak akan kesulitan dalam memenuhi nafkah lahir maupun batin dalam keluarga, berbeda dengan suami para keluarga perantau yang selalu mengkesampingkan hak dan kewajiban yang berkaitan dengan nafkah batin, seperti: mendidik, melindungi dan memelihara anak dan isteri serta dalam hal hak dan kewajiban yang berkenaan dengan interaksi secara langsung. Perbedaab ini wajar saja terjadi karena konsep hidup mereka juga berbeda dan yang terpenting yaitu hak dan kewajiban keluarga sudah sesuai dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hak dan kewajiban, transmigran, perantau
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Mar 2014 09:59
Last Modified: 15 Apr 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10037

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum