PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP LABA PADA BANK UMUM SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TAHUN 2006-2010)

ENDRA NURYANTO, NIM.04390081 (2012) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP LABA PADA BANK UMUM SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TAHUN 2006-2010). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank merupakan industri yang kegiatan utamanya adalah penghimpunan dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan. Oleh karenanya, penting bagi bank untuk menjaga kepercayaan masyarakat sebab kegiatan usahanya mengandalkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Laba (ROE). Sampel dari penelitian ini adalah laporan keuangan triwulanan PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. Bank Muamalat Indonesia tahun 2006-2010. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu, dilakukan juga uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinearitas, uji autokorelasi uji heteroskedastisitas dan uji normalitas, tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CAR dan BOPO berpengaruh negative dan signifikan terhadap ROE.Variabel FDR berpengaruh sighifikan terhadap ROE namun berarah positif. Variabel NPF berpengaruh positif tidak signifikan terhadap ROE, Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap ROE dalam penelitian ini sebesar 71,8%, sedangkan sisanya 28,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Kata Kunci : Return on Equity (ROE), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), dan Financing to Deposit Ratio (FDR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return on Equity (ROE), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), dan Financing to Deposit Ratio (FDR)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 08:12
Last Modified: 23 Sep 2016 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum