BENTUK-BENTUK CINTA DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN URGENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi terhadap pemikiran M. Quraish Shihab)

BUYA RIADI - NIM. 03410031, (2008) BENTUK-BENTUK CINTA DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN URGENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi terhadap pemikiran M. Quraish Shihab). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BENTUK-BENTUK CINTA DALAM TAFSIR AL-MISHBÂH DAN URGENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK( Studi Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab ))
BAB I, BAB IV, DP.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[img] Text (BENTUK-BENTUK CINTA DALAM TAFSIR AL-MISHBÂH DAN URGENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK( Studi Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab ))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK b BUYA RIADI. /b Bentuk-Bentuk Cinta dalam Tafsir Al-Misbah dan Urgensinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk cinta dalam Tafsir Al-Mishbah kemudian mengungkapkan urgensinya terhadap pendidikan anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif mengenai bagaimana mengembangkan aspek cinta pada anak dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitaif (Qualitative research) yang bersifat kepustakaan (Library Research), menggunakan pendekatan Psikologi, yaitu suatu usaha untuk memahami pengertian-pengertian yang ada pada obyek penelitian kemudian dihubungkan dengan faktor kejiwaan pada anak didik, kemudian pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode dokumentasi yang berasal dari buku Tafsir Al-Mishbah Vol 1 ?? 15 dan buku Pengantin Al-Qur??an karya M. Quraish Shihab sebagai bahan primer, sedangkan sumber data skunder penulis mengambil dari buku Penawar Hati yang Sakit karya Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, buku Al-Qur??an Bertutur tentang Cinta karya Mahmud Bin Asy-Syarif serta beberapa naskah, dokumen pribadi, sereta buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian yang diolah dengan menggunakan metode Analisis Isi atau Dokumen (Content or document analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam 11 ayat Al-Qur'an, Allah menjelaskan tentang cinta yang seharusnya dimiliki oleh setiap mukmin yaitu: (1) Cinta kepada Allah swt. dan Rasul-Nya, (2) Cinta kepada keimanan yang termanifestasi dalam amal-amal shalih, (3) Mencintai antara kaum beriman dengan menjalin ikatan persaudaraan, (4) Mencintai orang tua yang dan kerabat , dan (3) Cinta kepada kesenangan hidup atau perhiasan dunia -seperti pasangan lawan jenis yang akan memberikan ketenangan hidup-, anak-anak sebagai penyejuk mata dan penyambung garis keturunan, harta benda bahkan kendaraan-kendaraan yang memberikan kemudahan dalam hidup. Maka, hal yang perlu diperhatikan bagi setiap pendidik dalam usaha mengembangkan potensi anak adalah mendidik mereka dengan cinta dalam bentuk (1) Mendidik atas dasar kepahaman: yaitu bagaimana orang tua mengetahui apa yang memberikan manfaat bagi pribadi sang anak, mengetahui orientasi dan arah yang akan mereka capai dalam mendidik, (2) Mendidik mereka dengan penuh kesabaran: orang tua dituntut utuk selalu memberikan ruang kesabaran dalam jiwa dalam proses pertumbuhan potensi anak didik, (3) Mendidik dengan ketauladanan: yaitu dengan cara dicontohkan langsung oleh orang tua, memberikan pemahaman tentang sesuatu serta memberikan motivasi, (4) Mendidik mereka dengan nilai-nilai keadilan: yaitu memberikan pembelajaran yang mampu menciptakan dan melahirkan sikap kedewasaan pada anak dalam bersikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tafsir Al-Mishbah, Pendidikan anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 05 May 2012 14:05
Last Modified: 01 Aug 2017 02:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item