IMPLEMENTASI KURIKULUM BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS AKSELERASI DI SMPN 5 YOGYAKARTA

LIA SURYANTO, NIM. 08470103 (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS AKSELERASI DI SMPN 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

LIA SURYANTO (08470103). Implementasi Kurikulum Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas Akselerasi di SMPN 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa implementasi kurikulum yang diterapkan dalam program akselerasi selama ini masih banyak yang mereduksi kurikulum reguler, hal tersebut tidak mencukupi dan tidak cocok untuk peserta didik berbakat dan berkecerdasan istimewa. Kurikulum program akselerasi di SMPN 5 Yogyakarta mengikuti pola pengembangan kurikulum diferensiasi. Diferensiasi menjadi pembeda antara kurikulum program akselerasi dan program reguler yang terletak pada berbagai modifikasi diantaranya adalah modifikasi alokasi waktu, isi/materi, sarana-prasarana/lingkungan belajar, dan modifikasi proses/pengelolaan kelas. Dengan begitu layanan terhadap peserta didik akselerasi tidak hanya sebatas pada percepatan waktu belajar, namun juga mempertimbangkan berbagai dimensi dengan menggunkan modifikasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMPN 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan verifikasi data dengan membandingkan hasil observasi. Hasil wawancara digunakan untuk membandingkan apa yang didapatkan dari dokumen sekolah dengan apa yang didapatkan pada saat penelitian, membandingkan keadaan dan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Desain kurikulum berdiferensiasi mencakup latar belakang, tujuan, dasar pemikiran, SKL dan struktur kurikulum. 2) Langkah dalam implementasi kurikulum berdiferensiasi mata pelajaran PAI dengan melakukan modifikasi pada 7 tahap penyusunan silabus : mengkaji SKKD mata pelajaran PAI, mengidentifikasi materi pokok (isi pembelajaran) esensial, mengembangkan pengalaman belajar, merumuskan indikator keberhasilan belajar, penentuan jenis penilaian, menentukan alokasi dan modifikasi waktu yang tepat, menentukan sumber belajar. Kemudian Penyusunan RPP yang meliputi satuan pendidikan, identitas mata pelajaran, kelas/study,SKKD, indikator pencapaian kompetensi, alokasi waktu, tujuan, materi, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, penilaian, dan saran kepala sekolah, serta proses pembelajaran PAI berdiferensiasi. 3) Hasil implementasi kurikulum berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI yaitu baik, dimana SMPN 5 memodifikasi struktur kurikulum program akselerasi, guru PAI memodifikasi penyusunan silabus dan penyusunan RPP, pada proses pembelajaran terjadi modifikasi. Modifikasi tersebut spesifik dan berbeda dengan program reguler. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Berdiferensiasi Mata Pelajaran PAI, Program Akselerasi, SMPN 5 Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Berdiferensiasi Mata Pelajaran PAI, Program Akselerasi, SMPN 5 Yogyakarta
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:51
Last Modified: 27 Mar 2017 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum