KOLABORASI CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN FIQIH SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) SISWA KELAS IV A MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

JUNI YANTO HANDOKO, NIM. 08480028 (2012) KOLABORASI CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA PEMBELAJARAN FIQIH SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) SISWA KELAS IV A MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

JUNI YANTO HANDOKO. Kolaborasi CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Pembelajaran Fiqih Sebagai Upaya Mewujudkan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Siswa Kelas IV A MIN Tempel Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjadikan siswa aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi siswa, dengan menggunakan strategi kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan STAD (Student-teams Achievement Division) dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV A MIN Tempel Sleman Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 33 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara tidak terstruktur. Penelitian ini telah terlaksana dalam dua siklus dan terbagi ke dalam empat pertemuan, dua pertemuan untuk siklus I dan dua pertemuan untuk siklus II. Hasil penelitian melalui strategi pembelajaran kooperatif yang mengkolaborasikan CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan STAD (Student-teams Achievement Division) dengan menerapkan komponennya yaitu pemahaman teks, presentasi kelas, kelompok (tim) belajar, kuis, rangkuman dan penghargaan tim. Pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat mewujudkan pembelajaran aktif, yang membuat anak berani maju ke depan kelas secara sukarela, berani mengemukakan pendapatnya serta berani bertanya kepada guru. Pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat mewujudkan pembelajaran kreatif yang mendorong siswa untuk mencari referensi dari buku lain, mempresentasikan hasil belajar kelompoknya dengan sebaik mungkin dan melalui kuis guru dituntut untuk kreatif membuat soal sehingga kreativitas siswa akan muncul dalam menjawab soal. Pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat mewujudkan pembelajaran efektif tertuang pada pelaksanaan belajar kelompok yang membuat siswa semakin paham dengan materi yang diajarkan akibat adanya tutor sebaya dan dilaksanakannya pembelajaran yang tepat waktu. Pelaksanaan pembelajaran tersebut dapat mewujudkan pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat dengan pemberian penghargaan tim dan individu untuk menanamkan kebanggaan dalam diri, juga kuis yang merupakan bentuk lain latihan soal yang berupa permainan membantu terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan. Oleh sebab itu, melalui strategi kooperatif yang mengkolaborasikan CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan STAD (Student-teams Achievement Division) maka dapat mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PAKEM, CIRC, STAD, Fiqih
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 10 Mar 2014 04:52
Last Modified: 18 Jan 2017 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item