PENERAPAN STRATEGI INFORMATION SEARCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012

IPANG PURNAMASARI, NIM. 08480017 (2012) PENERAPAN STRATEGI INFORMATION SEARCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

IPANG PURNAMASARI, Penerapan Strategi Information Search Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MIN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakata: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai mata pelajaran IPS di kelas V MIN Yogyakarata II. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta II pada mata pelajaran IPS sebelum menerapkan strategi information search, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan strategi information search, (3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi information search. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi information search terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN Yogyakarta II yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai post-test siklus I dan post-test siklus II, data hasil proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi information search. Untuk analisis data hasil menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test siklus II. Sedangkan untuk analisis presentase ketuntasan belajar menggunakan analisis deskriptif teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi information search dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test yang semula hanya 73,89 pada siklus I, menjadi 82,32 pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata 8,43 dan termasuk dalam kategori hasil belajar sangat baik. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar, pada siklus I sebesar 64,28% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,72% dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi information search dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MIN Yogyakarta II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: information search, hasil, ips
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2014 06:14
Last Modified: 18 Jan 2017 02:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item