PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH (STUDY DESKRIPTIF ANALITIK TENTANG PERAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN)

M. MASKUR, NIM. 08480080 (2012) PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH (STUDY DESKRIPTIF ANALITIK TENTANG PERAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA KELAS V DI MI SULTAN AGUNG BABADAN BARU CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (474kB)

Abstract

M MASKUR. PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH Prestasi belajar siswa dalam kegiatan akademik merupakan hal yang sangat penting, karena prestasi belajar merupakan gambaran keberhasilan siswa dalam mengikuti proses belajar yakni dengan ditandai adanya perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap, ketrampilan, kecakapan, kemampuan daya reaksinya, daya penerima aspek-aspek yang ada pada diri individu. Tinggi rendahnya prestasi belajar tidak sama pada setiap individu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain motivasi, adaptasi pada lingkungan diri dan peranan layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek layanan bimbingan dan konseling di MI Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman, program-program layanan bimbingan dan konseling, hubungan antara layanan bimbingan dan konseling dengan prestasi, dan pengaruh layanan bimbingan konseling pada prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan konseling dengan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B MI Sultan Agung yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian di MI Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman dapat disimpulkan bahwa, hipotesis yang diajukan dapat diterima atau terbukti, yaitu semakin maksimal pelayanan BK, semakin besar pula prestasi belajar yang diraih oleh siswa. Berarti ada hubungan yang positif antara peranan layanan bimbingan konseling dengan prestasi belajar. Kontribusi efektif dari layanan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar pada kelas V di MI Sultan Agung sebesar 2,3% pada kelas A dan 24,8% untuk kelas B sedangkan sebagian besarnya dipengaruhi dari faktor yang lain. Namun, kontribusi yang telah terjadi masih rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan konseling, pendidikan anak
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Mar 2014 08:08
Last Modified: 18 Jan 2017 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item