METODE PEMBELAJARAN USHUL FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

DEDE ABDUL AZIZ - NIM. 04410739, (2008) METODE PEMBELAJARAN USHUL FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK b DEDE ABDUL AZIZ. /b Metode Pembelajaran Ushul Fiqih di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang metode pembelajaran ushul fiqih di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan oleh guru PAI untuk menyampaikan mata pelajaran ushul fiqih dengan metode yang relevan, yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis induktif, yaitu menganalisis data yang khusus kemudian ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Metode pembelajaran ushul fiqih yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah terdiri dari metode ceramah, metode gramatika terjemahan, metode tanya jawab, metode penugasan, dan metode diskusi. (2) Pelaksanaan dari metode-metode tersebut tidak dilaksanakan secara tersendiri, akan tetapi antara metode yang satu dengan metode yang lainnya saling dipadukan. (3) Hasil evaluasi dengan menggunakan metode-metode tersebut menunjukkan bahwa santri-santri cukup menguasai ushul fiqih, walaupun dalam pelaksanaan evaluasi ini terdapat beberapa santri yang kurang memperdulikannya. (4) Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru ushul fiqih di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah dalam mengembangkan metode pembelajaran ushul fiqih adalah dengan dibentuknya tim buletin, dengan tugas-tugasnya sebagai berikut: mencari data, merumuskan masalah, mencari dalil-dalil dan kaidahkaidah ushul fiqih yang berhubungan dengan rumusan masalah tersebut, mengadakan diskusi shugr amp;#333;, mengadakan diskusi kubr amp;#333;, membuat buletin, dan menyebarkan buletin. (5) Kegiatan dari mulai pencarian data sampai terbentuknya buletin tersebut, dinamakan dengan metode istidlal jama'i. (6) Produk yang dihasilkan dari penggunaan metode istidlal jama'i dalam pembelajaran ushul fiqih di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah tersebut berupa buletin quot;Al-Istidlal quot;, yang disebarkan kepada masyarakat luas melalui masjidmasjid yang dapat dijangkau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Ushul Fiqih
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1010

Actions (login required)

View Item View Item