MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP NU KARANG ANYAR INDRAMAYU JAWA BARAT

MADINATUL MUNAWWAROH, NIM. 08470140 (2012) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMP NU KARANG ANYAR INDRAMAYU JAWA BARAT. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Madinatul Munawwaroh. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI di SMP NU Karang Anyar Indramayu Jawa Barat. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mata pelajaran kegamaan di SMP NU yang mempunyai visi terwujudnya lingkungan sekolah yang religius dan SMP NU berbeda dengan sekolah umum di sekitarnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Adapun masalah yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP NU Karang Anyar, bagaimana implementasinya dan faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pada guru dan calon guru akan pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan efektifitas pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP NU Karang Anyar Indramayu Jawa Barat. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah Guru PAI, guru Akidah Akhlak, guru Al-Qur’an Hadits, guru KeNUan dan siswa-siswi SMP NU Karang Anyar Indramayu Jawa Barat Tahun Ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI atau Keagamaan sudah efektif akan tetapi belum maksimal. Karena, dalam mengajar guru tidak memaksimalkan dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki sekolah dan potensi siswa. (2) manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran dapat dilihat dari pertama, efektifitas pengorganisasian kelas dan potensi siswa oleh guru. Kedua, efektifitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) belajar siswa dan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas pembelajaran, manajemen pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:51
Last Modified: 27 Mar 2017 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum