KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

DESI MAULIDDINA - NIM. 03410120, (2008) KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK b DESI MAULIDDINA. /b Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Yogyakarta serta upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi profesional dan edagogik guru dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru guna meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini mengambil latar SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru PAI di SMA Negeri 8 Yogyakarta memiliki latarbelakang pendidikan yang sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Guru PAI juga memiliki kompetensi profesional dalam pembelajaran yang mencakup kemampuan guru dalam menguasai materi dan bahan pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum, silabus, dan RPP. 2) Guru PAI di SMA Negeri 8 Yogyakarta juga memiliki kompetensi pedagogik yang mencakup kemampuan guru dalam memahami peserta didik, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, merancang dan melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam metode, strategi dan media pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dikelas dapat berjalan dengan baik, kemampuan guru melakukan evaluasi hasil belajar, serta mengembangkan peserta didik untuk dapat mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik guru yaitu: 1) Supervisi oleh Kepala Sekolah dengan melakukan kunjungan kelas dengan tujuan agar dapat membantu guru dalam melakukan perbaikan-perbaikan dan perkembangan proses belajar mengajar, 2) Seminar, diskusi, workshop atau lokakarya dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengembangkan kesangggupan berpikir dan bekerja baik secara kelompok maupun perseorangan untuk membahas dan memecahkan segala permasalahan yang ada baik mengenai masalah-masalah yang bersifat teoritis maupun yang bersifat praktis dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas kompetensi profesional dan pedagogik guru sehingga dapat menjalankan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Profesional, prdagodik, PAI
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item