PENGEMBANGAN PROGRAM LIFE SKILL SISWA MTs NEGERI SLEMAN KOTA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011- 2012

AHMAD SYAIFULLAH, NIM. 08470007 (2012) PENGEMBANGAN PROGRAM LIFE SKILL SISWA MTs NEGERI SLEMAN KOTA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011- 2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)

Abstract

Ahmad Syaifullah. Pengembangan Program Life Skill Siswa MTsN Sleman Kota Propinsi D. I. Y. Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Guru sebagai edukator serta penanggung jawab pendisiplinan anak harus mengontrol setiap aktivitas anak-anak agar tingkat laku anak tidak menyimpang dengan norma-norma yang ada. Para pendidik berpengaruh dalam menentukan kemajuan sekolah, baik dalam prestasi kemajuan sekolah, guru, maupun para peserta didik. Oleh karena itu tugas pendidik bukan hanya saja membina dalam bidang akademik akan tetapi juga dalam bidang non- akademik seperti misalnya pengembangan potensi diri siswa diberbagai bidang, olahraga, kesenian, keagamaan dan lain sebagainya, sebagai bekal para anak didik dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program life skill siswa MTsN Sleman Kota,untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program life skill siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sleman Kota Yogyakarta, sekaligus untuk mengetahui prestasi apa saja yang sudah pernah diraih oleh MTsN Sleman Kota selama peningkatan program life skill dalam bidang pengembangan potensi diri . Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk Penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Buku yang dijadikan pedoman utama dalam penelitian ini adalah Life Skill Islami Kiat Hidup Penuh Kreatifitas karya Drs.H.Suismanto,M.Ag. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrument pengumpulan data seperti wawancara, obsevasi, angket dan sebagainya. Adapun hasil dari penelitian pengembangan program life skill pada bidang pengembangan potensi diri siswa MTsN Sleman Kota, adalah sebagai berikut : (a) memenuhi sarana prasarana program life skill, (b) memberi kesempatan kursus atau diklat kepada para guru yang menjadi pengampu bidang keterampilan (c) mengadakan kerja sama antara pihak madrasah dengan pihak diluar madrasah (d) menggunakan metode- metode khusus dalam setiap proses pelatihan di setiap bidang (e) selalu memberikan motivasi kepada para siswa (f) mengikuti berbagai macam perlombaan disetiap bidang keterampilan di luar madrasah. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan program life skill, yaitu (a) saranaprasarana yang belum dimiliki seluruhnya oleh madrasah (b) waktu pelatihan yang masih kurang.Untuk faktor pendukungnya, yaitu (a) adanya partisipasi dan kerja sama dari masyarakat sekitar (b) para siswa-siswi MTs Negeri Sleman Kota memiliki potensi, bakat, minat dan motivasi yang tinggi (c) para guru yang membimbing pada kegiatan keterampilan ini mempunyai keahlian yang sangat baik(d) sarana-prasarana yang cukup memadai, walaupun ada beberapa kegiatan yang masih memakai fasilitas diluar madrasah (e) Adanya berbagai macam perlombaan-perlombaan yang diadakan di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: program life skill
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 09:43
Last Modified: 23 Mar 2017 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum