INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL

NUR LAILATUL MUBAROKAH, NIM. 08410241 (2013) INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB)

Abstract

Latar belakang tulisan ini adalah: kegelisahan peneliti terhadap proses pembelajaran PAI saat ini yang belum mampu mengakomodir permasalahan yang ditimbulkan karena kondisi keragaman budaya atau multikultural di masyarakat. Untuk mengakomodir permasalahan tersebut, diperlukan pembelajaran PAI yang berwawasan multikultural. Dalam hal ini SMA N 3 Bantul mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMA N 3 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten saat peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data, maka kesimpulan yang dikemukakan merupakan kesimpulan yang kredibel. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengembangan nilai-nilai multikultual di sekolah dilakukan dalam dua tataran implementasi, yaitu konseptual dan operasional. Dalam tataran konseptual dapat dilihat dari rumusan visi, misi, tujuan sekolah, dan model kurikulum dimana kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum PAI yang berwawasan multikultural. Sedangkan dalam tataran operasional dapat dilihat dari pembelajaran di kelas dan budaya sekolah. (2) Pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMA N 3 Bantul dilakukan dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan tindak lanjutnya. Integrasi nilai-nilai multikultural dalam perencanaan pembelajaran dilakukan dengan mencantumkan nilai-nilai multikultural dalam silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang sesuai dengan pembelajaran PAI yang berwawasan multikultural. Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam penilaian kognitif melalui tes tertulis dan lisan, penilaian sikap melalui etika pergaulan, sopan santun, dan penilaian psikomotorik melalui unjuk kerja. Tindak lanjut pembelajaran dapat dilihat dari proses pengintegrasian nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI yang meliputi tujuan, materi, metode,dan model evaluasi. (3) Hasil pelaksanaan integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI siswa kelas XI menunjukan terciptanya lingkungan belajar yang demokratis, minimnya konflik baik antar sesama siswa maupun siswa dengan guru dan masyarakat sekolah yang lain, serta toleransi yang berjalan dengan baik, baik antar siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Feb 2014 09:06
Last Modified: 27 Feb 2024 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum