UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III MI NEGERI KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2011/2012

AHMADI, NIM. 09481355 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS III MI NEGERI KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)

Abstract

Ahmadi, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III MI Negeri Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Dalam pembelajaran Matematika, siswa harus melibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Negeri Kedungreja Cilacap dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah Metode Jarimatika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan perkalian sebelum menggunakan metode Jarimatika di MI Negeri Kedungreja Cilacap, (2) bagaimana proses pembelajaran matematika dengan metode Jarimatika di MI Negeri Kedungreja Kabupaten Cilacap, (3) seberapa besar peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan perkalian setelah menggunakan metode Jarimatika di MI Negeri Kedungreja Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi perstasi belajar siswa yang di ambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas siswa yang di ambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatkan prestasi siswa di atas KKM 65 yang mencapai 85% dari jumlah siswa kelas III MI Negeri Kedungreja. Hasil pembelajaran dengan metode Jarimatika dilaksanakan dengan lima tahapan yaitu penjelasan jarimatika, diskusi kelompok, praktek jarimatika individu, pemberian penguatan, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rata-rata kelas sebesar 59.10 dan presentase ketuntasan belajar 60.87 %. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 82. Dan presentase ketuntasan belajar sebesar 86.96 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Pembelajaran Matematika, Metode Jarimatika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:52
Last Modified: 17 Jan 2017 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10126

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum