NILAI-NILAI PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM FILM “TANAH SURGA, KATANYA” RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI

PUTRI APRI REVIANA, NIM. 09480034 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM FILM “TANAH SURGA, KATANYA” RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM FILM “TANAH SURGA, KATANYA” RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN NASIONALISME DALAM FILM “TANAH SURGA, KATANYA” RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (789kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme tidak hanya dapat disampaikan melalui pelajaran di sekolah, akan tetapi dapat disampaikan melalui media film. Film “Tanah Surga, Katanya” mengangkat tema tentang pesan nilai nasionalisme seorang kakek yang ia tularkan kepada cucunya yang didalamnya terdapat pesan-pesan edukatif yang dapat diambil bagi para penontonnya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai nasionalisme apa saja yang terdapat dalam film “Tanah Surga, Katanya” dan bagaimanakah relevansinya dengan materi Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai nasionalisme dalam film “Tanah Surga, Katanya” dan merelevansikannya pada materi pendidikan Kewarganegaraan agar dapat dipergunakan untuk menambah pengetahuan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan khususnya nasionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan studi kepustakaan (Library Research) dengan mengambil subyek film dengan judul “Tanah Surga, Katanya” dengan menggunakan pendekatan semiotik. Sedangkan pengmumpulan datanya dilakukan dengan cara dokumentasi dan analisis datanya menggunakan analisis ini (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai nasionalisme diantaranya : kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki kebanggaan sebagai bangsa, memiliki rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurangberuntungan saudara setanah air sebangsan dan senegara, dan persatuan dan kesatuan. Adapun relevansinya dengan materi Pendidikan Kewarganegaraan adalah ditunjukkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh beberapa pemain sesuai dengan apa yang ada dalam materi pendidikan kewarganegaraan. Seperti hidup rukun saling bergotong royong, cinta lingkungan, memiliki kebanggaan terhadap bangsa Indonesia, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menghargai perjuangan para pejuang terdahulu. Kata kunci : nilai, nasionalisme, film

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: nilai, nasionalisme, film
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Feb 2014 02:14
Last Modified: 31 Jan 2017 03:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item