UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI AL-IHSAN MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

ALVI LAILA KHADARSIH, NIM. 08480003 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR SERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI AL-IHSAN MEDARI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Alvi Laila Khadarsih. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Media Gambar Seri pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Al Ihsan Medari Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidayah UIN Sunan Kalijaga 2012. Latar belakang permasalahan ini adalah pelajaran mengarang dirasakan kurang menarik dan membebani siswa. Adanya kesulitan dalam ketepatan kata, ketepatan kaliamat, ejaan, dan tulisan yang kurang tepat. Karangan siswa pada umumnya belum menggambarkan gagasan, perasaan serta pemikiran yang utuh. Adapun tujuan dari peneliti yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di MI Al Ihsan Medari Sleman dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Al Ihsan Medari Sleman berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, yaitu dengan mencari rerata nilai. Kriteria keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 70% atau 18 siswa, dengan ketentuan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), di mana KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia MI Al Ihsan Medari Sleman minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada keterampilan menulis karangan narasi siswa. Peningkatan dapat dilihat dari naiknya nilai rata-rata siswa dari 65,2 pada pratindakan menjadi 82,3 pada siklus II atau naik 17,1 (26,22%). Pada pratindakan masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan yaitu 23 siswa atau 88,5%, sedangkan yang sudah mencapai nilai diatas KKM sebanyak 3 siswa atau 11,5%. Kemudian pada siklus I terdapat beberapa siswa yang belum juga mencapai nilai ketuntasan yaitu 3 siswa atau 11,5%, sedangkan siswa yang sudah mencapai nilai di atas KKM sebanyak 23 siswa atau 88,5%. Pada siklus II siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan ada 1 siswa atau 3,8%, sedangkan yang sudah mencapai nilai di atas KKM sebanyak 25 siswa atau 96,2%. Oleh karena itu, pembelajaran dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di kelas IV MI Al Ihsan Medari Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis narasi, gambar seri, siswa kelas IV MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Mar 2014 05:52
Last Modified: 17 Jan 2017 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item