KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011-2012

AMINATUL HASANAH, NIM. 08470050 (2012) KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AKIDAH AKHLAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

Aminatul Hasanah. Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dengan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Negeri Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012. Latar belakang masalah, guru merupakan komponen penting dalam pendidikan. Untuk memperoleh output SDM yang baik diperlukan seorang guru yang memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Motivasi belajar siswa sangat penting agar tercapainya proses pembelajaran yang berhasil. Kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu faktor pendorong motivasi siswa. Selama ini masih banyak guru yang masih menerapkan cara- cara tradisional dalam menyampaikan pelajaran. Peran motivasi yang sangat besar bagi siswa dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa seorang guru harus mampu memaksimalkan kompetensi pedagogik yang dimiliki agar siswa termotivasi dalam belajar. Idealnya bila persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru akidah akhlak baik maka motivasi belajar akidah akhlak siswa baik pula. Permasalahan di MTsN Piyungan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak. Sebagian siswa ada yang merasa senang dan ada yang tidak. Saat pelajaran ada siswa yang merasa jenuh dan mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran akidah akhlak, dan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dengan motivasi belajar akidah siswa kelas VIII MTs Negeri Piyungan, Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII MTsN Piyungan dengan mengambil sampel sebesar 50% sebanyak 70 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrument meliputi uji validitas dan uji reabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar akidah akhlak siswa MTs Negeri Piyungan Yogyakarta termasuk dalam katagori cukup atau sedang. Sedangkan kompetensi pedagogik guru akidah akhlak MTs Negeri Piyungan Yogyakarta termasuk dalam katagori kurang. Korelasi antara kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dengan motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011-2012 ( rxy = 0,692) dan (p>0,05), Hal itu berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru akidah akhlak dengan motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pedagogik, akidah akhlak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:52
Last Modified: 24 Mar 2017 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum