EKSPERIMENTASI PENDEKATAN i ACCELERATED LEARNING /i DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN MODEL SRONO BANYUWANGI

DIDIT JA'FAR MUJAHIT - NIM. 03420277, (2008) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN i ACCELERATED LEARNING /i DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTsN MODEL SRONO BANYUWANGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK b DIDIT JA'FAR MUJAHIT. /b Eksperimentasi berarti melakukan sebuah percobaan. Dalam hal ini penulis melakukanpercobaan sebuah pendekatan pembelajaran yang masih tergolong baru dalam dunia pendidikan di Indonesia, yaitu mengujicobakan pendekatan Accelerated Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN Model Srono Banyuwangi. Accelerated Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang lebih memperhatikan keadaan psikologi siswa dalam belajar. Konsep pembelajaran yang didasarkan pada temuan seorang psikiater Bulgaria, Dr. George Lozanov. Menurut Lozanov, otak manusia (yang digunakan sebagai alat utama relajar) baru akan efektif digunakan apabila berada dalam keadaan fun (tidak dalam tekanan, lepas, dan nyaman). Accelerated Learning mempunyai beberapa unsur, yaitu SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelectual). Dengan kata lain belajar dengan melibatkan seluruh diri (whole brain). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang mana penelitian ini dilaksanakan di MTsN Model Srono Banyuwangi Jawa Timur. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan survey, dan menggunakan analisis kuantitaif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Sedangkan metode penelitiannya mengunakan metode eksperimen, yang prosedurnya antara lain Pre-experiment Measurement, Treatment, Post-experiment Measurement. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Secara Acak dengan Tes Awal dan Tes Akhir dengan Kelompok Kontrol (The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design). Setelah diadakan uji coba (eksperimen) pendekatan Accelerated Learning dalam pembelajaran bahasa Arab, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning ternyata dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa MTsN Model Srono Banyuwangi Jawa Timur, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning, dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa pendekatan Accelerated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: i Accelerated learneing /i , Pembelajaran, Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item