UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH NEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

MUCHLAS ABIDIN, NIM. 08480044 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH NEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (626kB)

Abstract

Muchlas Abidin, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Negeri I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi dalam pembelajaran IPS menggunakan metode konvensional di kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Negeri I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas yang rendah pula, karena siswa bersifat pasif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan implikasinya terhadap keaktifan siswa serta prestasi siswa dalam pelajaran IPS kelas V MIN I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V . MIN I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta Hasil Penelitian : penerapan metode kooperatif ini dilaksanakan sebagai tindakan kelas melalui proses dua siklus, setiap siklus dua pertemuan dengan tahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, refleksi tindakan dan revisi tindakan. Setiap siklus diakhiri dengan evaluasi dan pemberian penghargaan terhadap kelompok maupun individu siswa yang mendapatkan nilai tertinggi, Sebelum pelaksanaan STAD siswa dibagi menjadi kelompok kecil dengan beranggotakan 6 orang. Kelompok kecil ini akan dirubah/rolling guna kesempurnaan siklus II. Penerapan metode kooperatif STAD di MIN Ponjong berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Artinya terjadi peningkatan keaktifan siswa pada saat menggunakan metode kooperatif STAD, dimana pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa sebesar 1.6, pada siklus I diperoleh rata-rata 2.26 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 2.35. Penggunaan metode kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi siswa, pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 59.6 dengan jumlah nilai yang tidak tuntas sebanyak 17 anak. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81.25 > dari nilai KKM, begitu pula nilai ketuntasan pada siklus I dan II telah tercapai, yaitu pada siklus I sebanyak 21 anak dan pada siklus II sebanyak 22 anak dari jumlah siswa 24 anak. . Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kelas untuk data keaktifan belajar siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data keaktifan belajar siswa menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi belajar diperoleh dari nilai rata-rata tes dan prosentase ketuntasan siswa dalam evaluasi pra tindakan, pre test dan post test pada siklus I dan siklus II ________________ Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS, Student Team Achievment Division (STAD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS, Student Team Achievment Division (STAD)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Mar 2014 05:57
Last Modified: 18 Jan 2017 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10149

Actions (login required)

View Item View Item