PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM BALUNG – JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

AYUN KHILIYATUL MILLA, NIM. 08420063 (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM BALUNG – JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Ayun Khiliyatul Milla. 08420063. “Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Balung-Jember Tahun Ajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi yang diberikan oleh guru dalam berinteraksi dengan siswa untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan perkembangan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Balung-Jember tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu mengambil seluruh siswa kelas VIII menjadi sampel yang berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa maka dilakukan penyebaran angket, sedangkan untuk mengetahui prestasi belajar siswa maka peneliti menggunakan nilai rapor dan nilai MID semester. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan angka. Untuk menguji instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis pengaruh peranan guru sebagai motivator terhadap motivasi dan prestasi belajar bahasa Arab siswa peneliti menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab terbukti dengan hasil perhitungan korelasi product moment 0,538 dimana 0,538 > 0,205 maka Ha diterima. Upaya - upaya yang dilakukan guru untuk memberi motivasi terhadap siswa dengan menumbuhkan minat belajar siswa, membangkitkan gairah belajar siswa, memberikan tugas dan latihan soal yang harus dikerjakan oleh setiap siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan dalam belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:02
Last Modified: 07 Apr 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum