PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PERAGA BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VC DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

CHOTAMAH, NIM. 08480062 (2012) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PERAGA BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VC DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

CHOTAMAH. Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika dengan Peraga Bangun Datar pada Siswa Kelas VC di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kreativitas siswa dalam belajar matematika seperti membuat alat peraga dan penguasaan siswa dalam matematika juga masih kurang sehingga prestasi belajar matematika siswa belum mencapai KKM.Permasalahan tersebut perlu dicari solusinya yaitu dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika seperti membuat alat peragabangun datar serta dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun datar di kelas VC MIN Tempel Yogyakarta. Proses pembelajaran ini menggunakan peraga bangun datar. Dengan pembelajaran menggunakan peraga bangun datar ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VC MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VC MIN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 33 siswa. Pengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang ada dengan langkah-langkah mereduksi data, mendisplay data, mengtriangulasi data, mendiskusikan dengan teman sejawat, dan menyimpulkan data. Hasil analisis angket kreativitas terjadi peningkatan dengan hasil persentase siklus I sebesar 64,34% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 80,06% dengan kategori tinggi. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 75,39 dan siklus II sebesar 83,77. Dapat juga dilihat dari persentase keberhasilan belajar siswa siklus I sebesar 78,78% dengan kategori baik dan siklus II sebesar 93,93% dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar, peraga bangun datar, matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Mar 2014 06:02
Last Modified: 18 Jan 2017 01:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item