UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV B MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DESIANA INTAN PERTIWI, NIM . 08480010 (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV B MIN TEMPEL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Desiana Intan Pertiwi, “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah dalam penelitian ni adalah kurangnya keaktifan siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta dalam pembelajaran matematika, karena guru masih menggunkan metode ceramah dan masih terpacu pada buku teks sehingga guru masih mendominasi di kelas dan hampir tidak ada interaksi antar siswa. Dengan kata lain disini siswa menjadi subjek pasif dalam mengikuti apa yang disampaikan guru, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa ada respon dari siswa untuk mengajukan pertanyaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah keaktifan siswa kelas IV B sebelum menerapkan Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika di MIN Tempel Yogyakarta, (2) Bagaimanakah pelaksanaan penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta, (3) Apakah dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksanakan dalam 2 siklus yang mana pada tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar angket keaktifan siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, hasil evaluasi belajar siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah: (1) Keaktifan siswa sebelum menerapkan Pendekatan Matematika Realistik belum maksimal dengan kategori tinggi dengan perolehan persentase sebesar 79,71% serta hasil evaluasi belajar dengan nilai ratarata 74,19 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 70,97%. (2) Langkah-langkah penerapan Pendekatan Matematika Realistik adalah: a) persiapan, b) menentukan kelompok belajar, c) pendahuluan materi oleh guru, d) proses pembelajaran: diskusi kelompok, pembahasan hasil diskusi, pemberian reward, e) penutup. (3) Keaktifan siswa meningkat dengan kriteria sangat tinggi dengan perolehan persentase rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 81,86%, dan pada siklus II sebesar 84,33% serta hasil evaluasi belajar dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 82,23 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 74,19%, dan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 90,65 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 90,32%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika Realistik, Keaktifan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Mar 2014 06:02
Last Modified: 18 Jan 2017 02:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item