PENGGUNAAN METODE IMLA UNTUK PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI LAB UIN YOGYAKARTA

NUR AINI MUZAKKIYAH, NIM. 08420065 (2012) PENGGUNAAN METODE IMLA UNTUK PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)

Abstract

NUR AINI MUZAKKIYAH. Penggunaan Metode Imla untuk Peningkatan Maharah al-Kitabah Siswa Kelas VII MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan metode imla. Diasumsikan ada perbedaan yang signifikan, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesis penelitian bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment dan kelas yang tidak diberi treatment dengan menggunakan metode imla. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen,observasi, interview, dokumentasi, tes dan angket. Berdasarkan perhitungan dari hasil belajar materi kitabah siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode imla,diperoleh nilai t sebesar ٦،٣٧. Angka ini lebih besar dari pada nilai t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (1,98<٦،٣٧>2,63). Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi kitabah siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan metode imla. Sedangkan perhitungan dari hasil belajar materi kitabah siswa yang menggunakan metode imla dan siswa yang tidak menggunakan metode imla, diperoleh t sebesar 5,02. Angka ini lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,00<5,02>2,65). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment (kelompok eksperimen) dan kelas yang tidak diberi treatment (kelompok kontrol) dengan menggunakan metode imla. Kesimpulannya adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi treatment dengan menggunakan metode imla. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment dan kelas yang tidak diberi treatment dengan menggunakan metode imla.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode imla, maharah al kitabah, pendidikan bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 15:56
Last Modified: 12 Apr 2017 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum