KORELASI ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS X MA ALHIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DIAN RATNA UTAMI, NIM. 08420014 (2012) KORELASI ANTARA PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS X MA ALHIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

DIAN RATNA UTAMI, Korelasi Persepsi Peserta Didik Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas X MA Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar Belakang penelitian ini adalah adanya persepsi peserta didik terhadap bahasa Arab yang positif diikuti prestasi belajar yang positif pula, tetapi ada peserta didik yang memiliki persepsi terhadap bahasa Arab yang negatif akan tetapi prestasi belajarnya positif. Maka dilakukan penelitian tentang korelasi persepsi peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Arab dengan prestasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas X MA Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi peserta didik kelas X terhadap prestasi belajar bahasa Arab dan adakah korelasi yang positif dan signifikan persepsi peserta didik terhadap prestasi belajar bahasa Arab peserta didik kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul sebanyak 70 peserta didik dan penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi yang diteliti kurang dari 100 yaitu 70 peserta didik. Data diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis instrument meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis data yakni uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi sederhana Product Moment. Nilai yang kurang dari 0,235 dinyatakan tidak valid dan nilai yang lebih dari atau sama dengan 0,235 dinyatakan valid. Butir angket yang tidak valid adalah nomor 13, 14, 17, 18, 23, 28, 31, 34 dan 35 dan butir angket yang valid adalah nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 15, 16, 19, 20, 21, 22, 24, 25, 26, 27, 29, 30, 32 dan 33. Nilai reliabilitas diketahui melalui nilai Cronbach Alpha adalah 0,929. Reliabilitas kurang dari 0,6 adalah kurang baik, sedangkan 0,7 dapat diterima, dan di atas 0,8 adalah baik. Karena nilai lebih dari 0,8 maka tingkat reliabel butir angket adalah baik/ reliable. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Persepsi peserta didik terhadap bahasa arab ada pada taraf cukup baik dengan nilai Mean 87,37 dan standar deviasi 14,507. (2) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai R 0,892 dan 0,850 dengan taraf signifikansi 0,000 dan 0,000. Taraf signifikansi sebesar 0,000 menunjukkan bahwa korelasi yang diberikan adalah pengaruh positif yang signifikan. Besarnya korelasi antara persepsi peserta didik terhadap prestasi belajar bahasa arab peserta didik ditunjukkan dengan nilai R Squere adalah 0,892 dan 0,850 atau sama dengan 79,6% dan 72,2 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: korelasi, persepsi peserta didik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:04
Last Modified: 07 Apr 2017 12:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum