PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN KELAS VII MTsN SLEMAN KAB. SLEMAN DI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

NURUL FAIZAH, NIM. 08470029 (2012) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN KEMAMPUAN SOSIAL SISWA MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN KELAS VII MTsN SLEMAN KAB. SLEMAN DI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

NURUL FAIZAH, Peningkatan Kemandirian Dan Kemampuan Sosial Siswa Melalui Kegiatan Kepramukaan Kelas VII MTsN Sleman Kab. Sleman Di Maguwoharjo Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan kepramukaan di Indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional dan merupakan bagian dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada perkembangannya pendidikan kepramukaan mulai kurang diminati, dan dianggap kegiatan yang monoton yang dipelajari hanya itu-itu saja yang materinya adalah morse, PBB, dan tali temali. Padahal di balik kesederhanaan pendidikan Pramuka tersebut apabila dipahami secara sungguh-sungguh dapat mengantarkan siswa pada pengembangan potensi (life skill) siswa kaitannya dengan kemandirian dan kemampuan sosial siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan kepramukaan dan bagaimana peningkatan kemandirian dan kemampuan sosial siswa melalui kegiatan kepramukaan di MTsN Sleman Kab. Sleman di Maguwoharjo. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis serta mengetahui peningkatan kemandirian dan kemampuan sosial siswa kelas VII MTsN Sleman Kab. Sleman di Maguwoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berjenis kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pola berfikir deduktif dan induktif untuk data yang bersifat kualitatif dan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kemandirian dan kemampuan sosial siswa kelas VII MTsN Sleman Kab. Sleman di Maguwoharjo melalui kegiatan kepramukaan sudah bagus, karena dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan telah diajarkan tentang keterampilan dan pengembangan diri/pengembangan potensi yang dimiliki siswa ketika mengikuti kegiatan kepramukaan serta pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang semakin meningkat. Dengan demikian bahwa semakin meningkatnya perkembangan kegiatan kepramukaan maka semakin bertambahnya pengalaman-pengalaman yang diperoleh siswa terutama dalam peningkatan kemandirian dan kemampuan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, kemampuan sosial, siswa, kegiatan kepramukaan, pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 15:56
Last Modified: 27 Mar 2017 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10198

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum