UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RATIH PAMUKTISARI, NIM. 08480089 (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ratih Pamuktisari. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual Kelas IV MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran matematika kelas IV MI Ma’had Islamy kurang dapat meningkatkan motivasi siswa. Rendahnya motivasi mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hasil Ulangan Tengah Semester Genap menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 15, 78%. Perbaikan mutu dalam proses pembelajaran diperlukan untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dengan memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswa kelas IV yaitu dalam tahap operasional konkret, dimana pada tahap ini dibutuhkan benda konkret untuk mempermudah proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman konkret adalah pendekatan kontekstual yang melibatkan benda atau lingkungan sekitar dalam pengajaran sehingga materi tersebut dapat bermakna dalam kehidupan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dan bagaimana peningkatan motivasi juga prestasi belajar siswa setelah digunakannya pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika pada kelas IV MI Ma’had Islamy mata pelajaran matematika dengan mengambil data observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisis data dengan melihat proses setiap pertemuan yang mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi digunakan untuk menilai tingkat motivasi dan prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Ma’had Islamy dengan pendekatan kontekstual. Peningkatan persentase motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I menjadi 79%, dan terus meningkat pada siklus II sebesar 84%, sedangkan nilai persentase belajar siswa mengalami peningkat pada siklus I sebesar 33, 33% menjadi 75% pada siklus II. Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pendekatan Kontekstual
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 15:57
Last Modified: 23 Jan 2017 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10213

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum