RELASI BISNIS KOMUNITAS MUSLIM TIONGHOA DENGAN TIONGHOA NON MUSLIM DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PERSPEKTIF JARINGAN SISTEM BISNIS TIONGHOA)

M. KHAMIM - NIM. 03541543, (2008) RELASI BISNIS KOMUNITAS MUSLIM TIONGHOA DENGAN TIONGHOA NON MUSLIM DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI PERSPEKTIF JARINGAN SISTEM BISNIS TIONGHOA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Relasi bisnis dalam hal ini merupakan pokok penguat terjadinya hubungan sosial antara komunitas Muslim Tionghoa dengan Tionghoa Non Muslim, yang menjadikan terciptanya kehidupan yang selaras dan seimbang. Adanya suatu masalah perbedaan keyakinan dalam beragama maka akan mempengaruhi putusnya suatu marga atau derajat keturunan serta berakibat menjadi putusnya relasi bisnis. Hal ini akan berpengaruh pada putusan keluarga i Inti /i , dimana keluarga Inti merupakan pemegang amanat dari nenek moyangnya, yang harus dijadikan pedoman baik dalma kriteria budaya maupun bisnisnya. Sistem i Famili Bisnis /i ini dijalankan pada prinsip keluarga, dimana keluarga i Inti /i yang mempunyai wewenang dalam memutuskan segalanya. Maka ketika kelaura i Inti /i menganggap itu salah atau keluar dari batasan etika konfusius maka akan berakibat pada pembatasan hubungan. Serta akan berpengaruh terhadap kehidupannya, baik dalam usaha maupun bisnis yang dimilikinya br br Terbentuknya relasi bisnis akan memudahkan bagi kedua komunitas ini untuk mengadakan hubungan, baik dalam bidang bisnis maupun bidang yang lain. Adanya relasi ini untuk menghilangkan adanya batasan dan stereotip terhadap komunitas lain. memaksimalkan kontak sosial akan berguna bagi terciptanya kehidupan yang selaras dan seimbang dalam menghormati perbedaan Agama khususnya komunitas Tionghoa yang berada di Kota yogyakarta br br Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui adanya anggapan bahwa antara kedua komunitas Tionghoa beda Agama tersekat dalam relasi bisnis dan menimbulkan adanya persaingan bisnis yang nakal dan berakibat terjadinya konflik, serta anggapan benar atau tidaknya tentang masalah penekanan terhadap komunitas Muslim Tionghoa khususnya dalam Famili Bisnis. Penelitian ini dilakukan di Kota Yogyakarta yang terdiri dari 14 Kecamatan, tetapi dalam data mnografi dan yang penulis teliti hanya ada 12 kecamatan yang mendata tentang kependudukan komunitas Tionghoa. br br Jenis penelitian skripsi ini adalah i field research /i atau penelitian lapangan, dengan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang penyusun gunakan adalah deskriptif, sehingga dengan pendekatan tersebut diharapkan dapat diperoleh hasil penelitian yang sesuai dengan perkembangan sosial dalam hubungannya dengan relasi bisnis komunitas Tionghoa. br br Berdasarkan wawancara dengan berbagai komunitas Tionghoa khususnya yang berada di Kota Yogyakarta. Maka dengan wawancara dapat dihasilkan data baru, bahwa relasi bisnis yang mereka lakukan selama ini tidak tergantung pada kepercayaan terhadap nenek moyangnya, serta keluarga inti yang membatasi hubungan tersebut. Perpaduan antara etika Konfusian dengan Islam menjadikan adanya perbedaan dalam menjalankan sistem bisnis yang mereka lakukan, sifat penekanan terhadap perbedaan agama tidak terealisasi. Kemajuan bisnislah yang mereka capai, serta persaingan secara positif yang mereka anggap bisa memajukan usahanya. Maka sekedar pengertian, bahwa sebuah relasi bisnis tidak tergantung pada keluarga inti. Terciptanya relasi bisnis ini tergantung pada individunya serta kerja samanya dalam menjalankan bisnis tersebut. Agama tidak mempengaruhi adanya relasi bisnis, tetapi agama mengajarkan adanya etika dan moral yang baik dalam meluruskan jalannya bisnis untuk tidak berbuat negatif (nakal) dalam mencari keuntungan. br br

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Nafilah Abdullah M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Relasi Bisni, Muslim Tionghoa, Non Muslim Tionghoa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item