PELAKSANAAN PROGRAM APLIKASI AL-QUR’ĀN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

SELLY CANDRA PRIMASTRI , NIM. 08420048 (2012) PELAKSANAAN PROGRAM APLIKASI AL-QUR’ĀN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selly Candra Primastri, Pelaksanaan Program Aplikasi Al-Qur’ān Sebagai Upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Bahasa Al-Qur’ān adalah bahasa Arab, karenanya bahasa Arab adalah sumber utama pengetahuan tentang Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan Aplikasi Al-Qur’ān yang merupakan lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui bagaimana kontribusi dari program Aplikasi Al-Qur’ān yang digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan cara berfikir induktif. Sumber data penelitian adalah Kepala MTs Negeri Ngemplak; Koordinator Program Aplikasi Al-Qur’ān; Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab; Guru Pembimbing Program Aplikasi Al-Qur’ān dan siswa kelas VII MTs Negeri Ngemplak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung, wawancara mendalam dan dikuatkan dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa program Aplikasi Al-Qur’ān di MTs Negeri Ngemplak masuk dalam mata pelajaran reguler dan termasuk muatan lokal (mulok). Program ini memiliki alokasi waktu 2 x 40 menit perminggu, dengan didampingi 2 guru pembimbing disetiap kelasnya. Program ini merupakan program pembelajaran Al-Qur’ān seperti pada umumnya yang dilatarbelakangi karena input siswa yang masuk dari sekolah negeri biasa sehingga kemampuan membaca Al-Qur’ān masih perlu ditingkatkan dan belum pernah mendapat materi pembelajaran bahasa Arab sebelumnya. Program Aplikasi Al-Qur’ān merupakan lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab. Karena dalam program tersebut, terdapat latihan-latihan membaca dan menulis rangkaian huruf hijaiyah yang merupakan modal awal belajar bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur’ān dapat menjadi lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan Program Aplikasi Al-Qur’ān ini terbukti berkontribusi positif karena guru dan siswa merasa terbantu dengan adanya program tersebut. Sehingga dengan kata lain, Pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur’ān dapat digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aplikasi al-qur'an, prestasi belajar siswa, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:31
Last Modified: 17 Apr 2017 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum