PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN PUISI SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO, MAGUWOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

EKA MAHARGIANI ROKHMA, NIM. 08480048 (2012) PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN PUISI SISWA KELAS V MI MA’ARIF BEGO, MAGUWOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (202kB)

Abstract

EKA MAHARGIANI ROKHMA, Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Puisi Siswa Kelas V MI Ma’arif Bego, Maguwoharjo Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pokok bahasan puisi siswa kelas V MI Ma’arif Bego, Maguwoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain eksperimen semu X1 dengan perlakuan dan X2 tidak diberi perlakuan .Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas V MI Ma’arif Bego, Maguwoharjo tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V a sebagai kelas kontrol tanpa perlakuan pekerjaan rumah (PR) dan V b sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan perlakuan pekerjaan rumah (PR). Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena semua populasi dijadikan penelitian. Data penelitian berupa hasil nilai praktik, tertulis dan pekerjaan rumah (PR) dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PR memberikan peningkatan bermakna terhadap pengetahuan puisi (Tes Tertulis) dengan t hit = 2,762 dan p = 0,008. Namun tidak meningkatkan secara signifikan terhadap praktik puisi dengan t = 1,015 dan p = 0,315. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan secara signifikan prestasi puisi (Praktik+Tertulis) pada taraf signifikan 10 % namun tidak signifikan 5 % dengan t hit = 1,956 dan p = 0,056.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PR, Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Puisi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 03:50
Last Modified: 18 Jan 2017 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item