IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI PAKEM

FATIMAH - NIM. 04410743, (2008) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI PAKEM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI PAKEM)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI PAKEM)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

ABSTRAK b FATIMAH. /b Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Pakem. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis tentang Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Pakem serta faktor yang mendukung. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dijadikan pertimbangan dalam mendorong dan meningkatkan proses pembelajaran yang lebih bermutu, efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri Pakem. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kesiapan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan sudah siap. Hal ini terlihat dalam kepemimpinannya yang demokratis dalam menggerakkan dan mengarahkan tenaga pendidikan dan para stakeholders untuk mencapai tujuan madrasah. Sementara kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sudah siap. Hal ini terlihat dalam guru mengembangkan penyusunan silabus dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sementara kesiapan siswa adalah siap, meskipun belum berjalan secara optimal. Hal ini bisa dilihat dari perilaku siswa dalam melaksanakan pembelajaran bahwa siswa lebih aktif dalam pembelajaran. (2) Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Pakem yang terjadi sudah cukup baik, hal ini bisa dilihat dalam pelaksanaan pembelajarannya yang sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru Aqidah Akhlak dan meningkatnya daya partisipasi aktif peserta didik dalam pola interaksi yang terjadi antara guru dan siswa. (3) Faktor pendukung pembelajaran Aqidah Akhlak ialah: 1) Kerjasama yang baik dan tanggung jawab yang tinggi antara kepala madrasah dengan semua tenaga pendidikan, 2) Usaha dari pihak madrasah untuk senantiasa menambah pengetahuan mengenai KTSP, 3) Adanya tenaga edukatif yang profesional, 4) Adanya pelatihan, sosialisasi, dan diklat tentang KTSP yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak, dan 5) Lingkungan yang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: KTSP, pembelajaran akidah akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 May 2012 03:43
Last Modified: 01 Aug 2017 02:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item