METODE MENYANYI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN

EKA PERCEKA - NIM. 03420255, (2008) METODE MENYANYI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE MENYANYI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE MENYANYI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI TEMPEL SLEMAN)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK Metode Menyanyi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tempel Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang menyanyi sebagai sebuah metode pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Tempel Sleman, yang meliputi : Pembelajaran bahasa Arab, pembelajaran bahasa Arab dengan metode menyanyi, motivasi siswa belajar bahasa Arab, motivasi siswa belajar bahasa Arab dengaan metode menyanyi, dan peningkatan motivasi belajar bahasa Arab siswa dengan menggunakan metode menyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar di MTs Negeri Tempel Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu : Metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode angket. Analisis data diakukan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif, yaitu analisis yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data kemudian diusahakan adanya analisis dan interpretasi atau penafsiran data tersebut dengan menggunakan pola pikir deduktif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pengajaran bahasa Arab, guru selalu berpedoman pada tujuan dan kurikulum yang ditetapkan, penerapan metode disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, (2). Pembelajaran bahasa Arab dengan metode menyanyi dikhususkan pada materi qawai d dan s{araf. Dalam menerapkan metode lagu, guru juga menerapkan metode audio lingual (membaca dan menirukan), (3). Motivasi siswa belajar bahasa arab cukup baik (53,8%), motivasi yang berasal dari diri siswa sendiri (minat sebesar 42,3%) dan motivasi yang berasal dari luar guru (sebesar 61,4%) dan metode (sebesar 60,4%), (4). Motivasi siswa belajar bahasa Arab dengan menggunakan metode menyanyi tergolong kategori baik (65,1%), motivasi yang berasal dari siswa sendiri minat (88,4%), dan motivasi yang berasal dari luar guru (sebesar 61,6%) dan metode (sebesar 86,2%). Jelas bahwa motivasi dengan metode menyanyi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan metode lain, (5). Usaha-usaha yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa dengan metode lagu, diantaranya: Guru dalam menerapkan metode lagu, lagu-lagu yang digunakan disesuaikan dengan perkembangan siswa, sehingga siswa lebih mudah mengingatnya, dan guru mengadakan jam tambahan belajar bahasa Arab, seperti les bahasa Arab. Ini memungkinkan siswa untuk mempelajari bahasa Arab secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Menyanyi, motivasi, belajar, bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 May 2012 11:13
Last Modified: 31 Mar 2017 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum