IMPLEMENTASI EDUCATION GAMES DALAM PEMBELAJARAN DI TK ISLAM PELANGI ANAK UMBULHARJO YOGYAKARTA

SRI LESTARI, NIM. 09470179 (2013) IMPLEMENTASI EDUCATION GAMES DALAM PEMBELAJARAN DI TK ISLAM PELANGI ANAK UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI EDUCATION GAMES DALAM PEMBELAJARAN DI TK ISLAM PELANGI ANAK UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI EDUCATION GAMES DALAM PEMBELAJARAN DI TK ISLAM PELANGI ANAK UMBULHARJO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting di masa kanak-kanak, karena perkembangan kepribadian, sikap mental dan intelektual dibentuk pada usia dini. Melalui pembelajaran yang menyenangkan, dan tepat maka anak dapat berkembang secara maksimal, bermain merupakan salah satu cara pembelajaran yang tepat bagi anak, melalui bermain anak memperoleh banyak pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, sosial, emosi, dan bahasa, sehingga guru harus kreatif menyajikan materi-materi pembelajaran dalam bentuk-bentuk permainan yang mendidik. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi Education Games dalam pembelajaran di TK Islam Pelangi Anak; (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi Education Games dalam pembelajaran di TK Islam Pelangi Anak. (3) bagaimana hasil implementasi Education Games dalam pembelajaran anak usia dini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui, implementasi Education Games Dalam Pembelajaran di TK Islam Pelangi Anak, Kendala- Kendala yang dihadapi dan hasil yang dicapai dalam implementasi Education Games dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Islam Pelangi Anak Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (observasi), wawancara mendalam (indept interview), dan dokumentasi sedangkan Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Implementasi Education Games dalam pembelajaran di TK islam Pelangi Anak disesuaikan dengan tema pembelajaran. dilaksanakan awal pembelajaran seperti berjalan diatas titian, memantulkan dan menangkap bola, berjalan dengan bakiak, memindahkan bola. Inti pembelajaran seperti minirukan pola gambar macam-macam air, bermain sosiodrama, menggunting, menempel, mencocok, dilaksanakan saat istirahat atau sebagai selingan seperti bermain tepuk, bernyanyi, bermain puzzle, balok bangunan, plaggo. (2) Kendala-kendala yang dihadapi adalah: terdapat alat permainan edukatif yang kurang memadahi, peserta didik sulit berkonsentrasi, ada yang mogok tidak mau bermain, mudah bosan, dan berimajinasi sendiri. Dari orang tua, tidak semua orang tua berperan aktif dalam mendidik anaknya dirumah sehingga terwujud kelanjutan proses pembelajaran dari sekolah kerumah. (3) hasil yang dicapai, implementasi Education Games dalam pembelajaran dapat meningkatkan berbagai aspek seperti aspek kreatifitas, komunikasi atau bahasa,fisik motorik, sosial emosional dan kepribadian serta aspek kognitif bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nur Rohmah, M.Ag.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2014 09:08
Last Modified: 24 Aug 2018 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum