STUDI KORELASI TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA II

SRI LUTFIANI, NIM. 09480112 (2013) STUDI KORELASI TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DI LUAR JAM PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V MIN YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

SRI LUTFIANI, “Studi Korelasi Tingkat Kedisiplinan Belajar dan Pemanfaatan Waktu Belajar di Luar Jam Pelajaran Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V MIN Yogyakarta II”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Keberhasilan sebuah pengajaran tentunya tidak terlepas dari faktor-faktor yang perlu diperhatikan oleh guru, diantaranya adalah kedisiplinan belajar siswa. Disiplin menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata tertib kehidupan berdisiplin, yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain kedisiplinan, belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajar. Agar belajar dapat berjalan dengan baik dan berhasil perlulah seorang siswa mempunyai jadwal yang baik dan melaksanakannya dengan teratur atau disiplin. Berangkat dari inilah kemudian penulis bermaksud ingin mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih lanjut seberapa jauh korelasi antara tingkat kedisiplinan belajar dan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (interview) dokumentasi, angket, dan observasi. Setelah memperoleh data, peneliti menganalisis data melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu editing dan tabulasi data sesuai dengan pendekatan penelitian. Tahapan kedua yaitu dengan pengujian instrument melalui uji validitas dan uji reliabilitas, normalitas, linearitas dan multikolinieritas. Selanjutnya dengan pengujian hipotesis melaui uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat kedisiplinan belajar dan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran sekolah terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V MIN Yogyakarta II adalah korelasi positif dan signifikan yang rendah. Tingkat kedisiplinan belajar dan pemanfaatan waktu belajar di luar jam pelajaran sekolah dapat mempengaruhi prestasi belajar sebesar 0,334 dan 0,306. Sedangkan faktor lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor internal siswa dan faktor eksternal. Kata Kunci: Kedisiplinan, Pemanfaatan Waktu, Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. Sedyo Santosa, SS., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Pemanfaatan Waktu, Prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2014 02:15
Last Modified: 31 Jan 2017 07:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item