PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA BERWAWASAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

SUGIANTORO, NIM. 09470078 (2013) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA BERWAWASAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA BERWAWASAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA BERWAWASAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

Sugiantoro. Pelaksanaan Pendidikan Agama Berwawasan Multikultutal Dalam Membina Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta 2013. Pelaksanaan pendidikan agama berwawasan multikultural ini mengajarkan pada para peserta didik agar dapat menerima akan perbedaan yang dimilki setiap dari individu, karena perbedaan bukan suatu jurang pembeda yang menjadikan suatu perpecahan dan konflik, namun dari perbedaan itu menjadikan warana dalam keragaman bangsa ini (bhineka tunggal ika). Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1) Seperti apa pelaksanaan pendidikan agama berwawasan multikultural di SMA Negaeri 7 Yogyakarta? 2) bagaimana toleransi beragama di kalangan siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta yang berlatar belakang heterogen? Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik penelitian yang meliputi: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan datanya akan diperkuat dengan melakukan pengecekan data menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Yogyakarta, sekolah ini merupakan salah satu sekolah menengah tingkat atas yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. SMA Negeri 7 Yogyakarta memiliki siswa. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Pelaksanaan pendidikan multicultural disana dilakukan dalam dua tahapan diantaranya waktu didalam kelas dalam pembelajaran, berupa metode yang digunakan para guru, serta diluar kelas dalam kegiatan exstra serta kegiatan-kegiatan keagamaan yang berupa rohis, rohkris serta rohkat. Untuk pembelajaran Pendidikan agama para siswa mendapatkan porsi yang sama, baik ISLAM, KRISTEN PROSTESTAN, KATOLIK, maupun HINDU dalam hal pendidikan agama. Kedua, toleransi beragama di SMA Negeri 7 Yogyakarta ditunjukkan dengan 1) Toleransi dalam diri siswa, mereka dapat hidup- berdampingan dengan latar belakang yang berbeda. 2) Baik guru, siswa, maupun karyawan SMA Negeri 7 Yogyakarta mengakui keberadaan agamaagama dan menghormati hak umat beragama dalam menghayati serta menunaikan tradisi keagamaan masing-masing. 3) Memperhatikan sikap solidaritas sosial atas kemanusiaan. 4) Mengupayakan agar tidak terjadi konversi agama yang terkesan dipaksakan. 5) Kesamaan semua siswa sebagai warga Negara yang sangat beragam sesuai dengan semboyan Negara kesatuan RI, “Bhinneka Tunggal Ika”. Kata Kunci: Pendidikan Agama, Multikultural, Toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muh. Agus Nuryatno, M.A., Ph. D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama, Multikultural, Toleransi.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Feb 2014 09:23
Last Modified: 24 Aug 2018 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum