UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

TEGUH PRASETYO NUGROHO, NIM. 09481054 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V MI AL IMAN TAMBAKREJO TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Teguh Prasetyo Nugroho, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas V MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar matematika pada siswa kelas V MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman. Penyebab masalah tersebut adalah guru belum mampu menerapkan model pembelajaran yang tepat dan menarik. Pembelajaran matematika masih terpusat pada guru. Chalk and talk masih mendominasi ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Upaya meningkatkan motivasi belajar matematika dilakukan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas V MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan mendiskripsikan motivasi belajar matematika pada siswa kelas MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman sebelum dan setelah dilakukan penelitian, serta langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan cacatan lapangan. Penelitian ini menggunakan statistik sederhana dalam mengungkap data-data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data, digunakan teknik triangulasi observer. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi dan; (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: motivasi belajar matematika siswa kelas V MI Al Iman Tambakrejo Tempel Sleman meningkat setelah peneapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. hal tersebut terbukti dengan meningkatnya persentase motivasi belajar siswa yang semula 37,10 % dengan kualifikasi rendah pada kondisi pratindakan menjadi 85,18% dengan kualifikasi sangat tinggi pada siklus II. Key word: matematika, pembelajaran kooperatif, STAD, motivasi meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: matematika, pembelajaran kooperatif, STAD, motivasi meningkat
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Feb 2014 03:35
Last Modified: 01 Feb 2017 01:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10281

Actions (login required)

View Item View Item