STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII SMPIT ALAM NURUL ISLAM DENGAN SMP N 15 YOGYAKARTA (Studi Aktivitas Belajar PAI Siswa)

UMUL MAGHFIROH, NIM. 09410181 (2013) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII SMPIT ALAM NURUL ISLAM DENGAN SMP N 15 YOGYAKARTA (Studi Aktivitas Belajar PAI Siswa). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII SMPIT ALAM NURUL ISLAM DENGAN SMP N 15 YOGYAKARTA (Studi Aktivitas Belajar PAI Siswa))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII SMPIT ALAM NURUL ISLAM DENGAN SMP N 15 YOGYAKARTA (Studi Aktivitas Belajar PAI Siswa))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

UMUL MAGHFIROH. Studi Komparasi Pembelajaran Pai Smpit Alam Nurul Islam Dan Smp N 15 Yogyakarta (Studi Aktivitas Belajar Pai Siswa). Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang masalah ini yaitu pembelajaran PAI yang dilakukan sering kali siswa hanya duduk tenang dan mendengarkan penjelasan dari guru. Padahal keberhasilan pembelajaran itu tidak hanya dilihat dari prestasi belajar siswa akan tetapi dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran PAI SMP IT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta, untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar PAI siswa di SMP IT Alam Nurul Islam dan SMP N 5 Yogyakarta, untuk mengetahui adakah perbedaan aktivitas belajar siswa yang belajar di SMP IT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Tenik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara , metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPIT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta. Pengambilan sampel siswa SMPIT Alam Nurul Islam karena kurang dari 100 sehingga diambil semuanya yaitu 20 siswa. Pengambilan sampel SMP N 15 Yogyakarta sebesar 20% dari siswa yaitu 62. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan uji t komparasi bivariat. Hasil Penelitian ini menunjukan: 1) Tingkat aktivitas belajar SMPIT Alam Nurul Islam sebagian besar berada pada kategori cukup baik dengan nilai antara 102- 116 yaitu 109,35. Sedangkan tingkat aktivitas belajar SMP N 15 Yogyakarta sebagian besar berada pada kategori cukup baik dengan nilai antara 99-113 yaitu 106,54. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu pembelajaran PAI, aktivitas belajar mandiri siswa dan aktivitas belajar yang dilakukan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran PAI yang dilakukan mampu memberikan motivasi bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran secara aktif dengan berbagai aktivitas belajar pembelajaran di kelas sehingga siswa senang belajar PAI dan menyadari bahwa PAI itu penting. Adapun perbedaan mean diantara keduanya yaitu 109,35-106,54 = 2,81. 2) Terdapat perbedaan antara aktivitas belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta dengan melihat mean dianatara keduanya yaitu 109, 35 dan 106,54. Perbedaan mean keduanya sebesar 2,81. Akan tetapi perbedaan itu tidak menunjukan perbedaan yang signifikan dan setelah dilakukan uji hipotesis dihasilkan nilai to yang diperoleh adalah 0,721. Nilai t tabel taraf signifikan 1% bernilai 2,64 dan t tabel signifikan 5 % 1,99. Karena to yang diperoleh to < t tabel. Sehingga hipotesis alternatif yang diajukan di tolak, dan hipotesis nol diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa SMPIT Alam Nurul Islam dan SMP N 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Suwadi M.Ag., M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Feb 2014 09:09
Last Modified: 24 Aug 2018 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10284

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum