KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI GURU (ANALISIS UU NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN)

VAVA IMAM AGUS FAISAL, NIM. 08470021 (2013) KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI GURU (ANALISIS UU NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI GURU (ANALISIS UU NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ZAKIAH DARADJAT RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI GURU (ANALISIS UU NO.14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB)

Abstract

Vava Imam Agus Faisal. Konsep Kepribadian Guru Menurut Zakiah Daradjat Relevansinya Dengan Kompetensi Guru (Analisis UU No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa masih adanya sebagian guru dalam sebuah lembaga pendidikan pada masa ini mengalami krisis kepribadian. Sehingga menyebabkan meredupnya citra seorang guru dikalangan anak didik dan masyarakat. Seorang guru yang seharusnya bisa mengayomi justru menjadi perusak. Hal tersebut disebabkan kepribadian guru yang tidak mapan berakibat tidak bisanya memberikan pengajaran yang memuaskan. Guru dianggap telah kehilangan identitasnya sebagai pendidik yang memanusiakan manusia. Maka dari itu sangat diperlukan konsep kepribadian yang memadai. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui konsep Kepribadian Guru menurut pemikiran Zakiah Daradjat;(2) Untuk mengetahui seperti apa kompetensi Guru dalam pandangan UU NO.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; (3) Untuk mencari relevansi kompetensi kepribadian Guru menurut Zakiah Daradjat yang sesuai dengan UU NO.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, transkrip, buku dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari umum ke hal yang khusus dan sebaliknya bertolak dari yang khusus ke umum. Setelah itu dilakukan perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki persamaan dan perbedaan data tersebut. Kemudian di lakukan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi guru dalam undang – undang guru dan dosen adalah kompetensi, pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional. (2) konsep kepribadian guru menurut Zakiah Daradjat dapat disederhanakan menjadi tiga hal, yaitu : (a) kepribadian guru terhadap diri sendiri (b) kepribadian guru dalam pembelajaran (c) sistem penyampaian. (3) konsep yang ditawarkan oleh Zakiah Daradjat tentang kepribadian guru masih relevan dengan empat kompetensi guru yang terdapat dalam undang-undang no 14 tahun 2005. Relevansinya adalah sebagai berikut :(a) Pentingnya memiliki kemampuan penguasaan teoritis dan proses aplikasinya dalam pembelajaran. (b) Pentingnya memiliki berbagai macam kepribadian sebagai penunjang atas tuntutannya sebagai seorang guru. (c) Pentingnya penguasaan komunikasi dan tata cara komunikasi dalam sebagai sarana guru dalam memperlancar tugas – tugas kependidikannya. (d) Pentingnya memiliki keilmuan yang memadai dan sesuai dengan bidangnya, sebagai bekal seorang pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah M.Pd,
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Feb 2014 09:19
Last Modified: 24 Aug 2018 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum