ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING BANK MUAMALAT INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF

FARHAN SA'DI - NIM. 00390303, (2008) ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING BANK MUAMALAT INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING BANK MUAMALAT INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING BANK MUAMALAT INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah dalam menjalankan usahanya perlu mengadakan kegiatan pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah agar nasabah terpuaskan, dengan demikian akan meningkatka laba dan pada akhirnya bank syariah akan dapat mempertahankan keberadaannya. Untuk mewujudkan tujuan ini tentu bank syariah menghadapi masalah-masalah baik yang datang dari luar maupun dari dalam diri bank syariah itu sendiri. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan strategi bersaing yang diterapkan Bank Muamalat Indonesia, dengan adanya persaingan antar bank yang semakin ketat. Bank syariah dalam menghadapi persaingan antar bank yang semakin ketat dalam menawarkan produk jasa serta untuk dapat mengikuti perkembangan perilaku nasabah yang berbeda-beda, maka bank syariah dituntut untuk mengikuti perkembangan perilaku nasabahnya. Hal tersebut tentunya dilakukan dalam upaya meningkatkan keunggulan produk yang dipasarkan oleh bank bersangkutan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah permasalahan tentang efektivitas produk-produk Bank Muamalah Indonesia, berupa produk pembiayaan dan simpanan, pada pengaruhnya terhadap pola pengelolaan dana bank dalam menghasilkan laba. Selain itu, permasalahan yang penting dalam operasionalisasi bank adalah pengetahuan tentang evaluasi strategi yang digunakan selama ini, apakah sudah memenuhi target ataukah belum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat hubungan langsung sebesar 0.713 lebih besar dari hubungan tidak langsung sebesar 0.142, menunjukkan hubungan total biaya secara langsung berpengaruh terhadap laba bulanan. Total biaya juga mempengaruhi total simpanan secara signifikan sebesar 0.635. Sedangkan total simpanan berpengaruh sebesar 0.224 terhadap laba bulanan. Pada tingkat hubungan langsung sebesar 0.666 lebih besar dari hubungan tidak langsung sebesar 0.189, menunjukkan hubungan total biaya secara langsung berpengaruh terhadap laba bulanan. Total biaya juga mempengaruhi total pembiayaan secara signifikan sebesar 0.631. Sedangkan total pembiayaan berpengaruh sebesar 0.299 terhadap laba bulanan. Sedangkan pada pemeliharaan produktivitas Bank Muamalat Indonesia cukup efektif, ditunjukkan oleh tingkat pengaruh total biaya terhadap laba bulanan. Naiknya biaya meningkatkan produktivitas pada pelayanan atau jasa dilihat dari pengaruh biaya terhadap produk. Hal tersebut merupakan hasil dari strategi yang dikembangkan selama ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Yusuf Khoiruddin SE. MSi., Drs. Abdul Halim, M.Hum.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Bank Muamalat
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 May 2012 05:54
Last Modified: 19 Aug 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item