EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

HERNI NINGSIH - NIM. 03470632, (2008) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (952kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK b HERNI NINGSIH. /b Efektivitas Pengelolaan Kelas Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana metode guru mengelola kelas akselerasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan bagaimana efektivitas pengelolaan kelas akselerasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V patas 1 dan kelas V patas 2 tahun ajaran 2006/2007 dan guru pendidikan agama Islam yang mengajar dikelas V patas 1 dan kelas V patas 2 cuma ada satu guru. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi masukan kepada guru pendidikan agama Islam dan calon guru tentang pengelolaan kelas yang efektif, sehingga tercapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan mengambil latar belakang SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang memiliki program akselerasi sebagai program prestisiusnya. Selain itu sebagai lembaga yang dibawah naungan salah satu Organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah, SD Muhammadiyah Sapen mampu membuktikan sepak terjangnya dalam bidang pendidikan yang cukup professional dan menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lain. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi lansung, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunakan yaitu analisa data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif menggunakan dua metode yaitu deduktif dan induktif. Data kuantitatif, untuk menganalisanya penulis menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengelolaan kelas akselerasi dalam pembelajaran PAI sudah cukup efektif. Karena dalam mengajar guru melakukan berbagai persiapan sebelum mengajar yaitu mulai dari membuat perencanaan, pengoranisasian, memimpin, dan pengawasan. Dilengkapi pula berbagai pendekatan dan teknik pengelolaan kelas diantaranya tindakan pencegahan dan tindakan korektif. (2) efektivitas pengelolaan kelas akselerasi dalam pembelajaran PAI ini dapat dilihat dari 2 hal yaitu : pertama : efektivitas pengelolaan guru dalam pembelajaran PAI yaitu sejauhmana kegiatan yang direncanakan guru dapat dapat dilaksanakan dengan baik. hal ini dapat dilihat dari tujuan pembelajaran, penyelesaian terhadap materi, metode pembelajaran yang variatif, media untuk mendukung pembelajaran dan mengkondisikan kelas. Kedua : efektivitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) hasil belajar siswa dan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Hamruni, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, akselerasi, PAI.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 May 2012 07:57
Last Modified: 15 Mar 2017 01:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item