PENERAPAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN-HADITS SISWA KELAS VII MTS DARUL-QURRO CILACAP

SUCIATI, NIM. 08410005 (2012) PENERAPAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR QUR’AN-HADITS SISWA KELAS VII MTS DARUL-QURRO CILACAP. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

SUCIATI. Penerapan Power Point sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar Qur’an-Hadits siswa kelas VII MTs Darul-Qurro Cilacap. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya media dalam rangka membantu dalam proses pembelajaran ini karena pada hakikatnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi. Proses komunikasi atau penyampaian pesan harus diciptakan atau diwujudkan melalui kegiatan penyampaian dan tukar menukar pesan atau informasi oleh setiap guru dan siswa. Pesan atau informasi dapat berupa pengetahuan, keahlian, skill, ide, pengalaman dan sebagainya dapat dituangkan dan ditampilkan atau disampaikan kepada siswa dengan power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media power point dalam meningkatkan prestasi belajar Qur’an-Hadist kelas VII MTs Darul-Qurro Cilacap. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru khususnya guru Qur’an-hadits dalam dalam menggunakan media power point agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang didasarkan pada pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di MTs Darul- Qurro Cilacap kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti melaksanakan dua tindakan yaitu pra tindakan yang dilakukan hanya sebatas pengamatan sebanyak tiga kali pertemuan terhadap proses pembelajaran di kelas VII MTs Darul-Qurro Cilacap. Pada proses pelaksanaan tindakan, peneliti menggunakan dua siklus yaitu pada siklus I dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan sedangkan pada siklus II dilaksanakan tiga kali pertemuan. Proses pencapaian hasil belajar dengan melakukan tes atau ulangan harian pada setiap akhir siklus. Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa dengan melihat nilai rata-rata pada tes siklus I didapat rata-rata nilai kelas 62,93 sedangkan pada tes siklus II didapat rata-rata nilai kelas 84,83 sehingga terdapat peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 21,90. Dari hasil nilai yang telah dicapai oleh siswa dapat diketahui tingkat kenaikan prestasi belajar siswa dengan melihat adanya jumlah siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dari siklus I ke siklus dua yaitu dalam proses pelaksanaan tes pada siklus I ada siswa yang mendapat nilai mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa sehingga bisa dihitung persentasenya yakni sebesar 34,48%. Sedangkan pada siklus II semua siswa sudah mencapai KKM secara keseluruhan yakni sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: power point, pembelajaran, komputer
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Mar 2014 11:17
Last Modified: 13 Mar 2014 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10334

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum