PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI MTs N PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

LAILIYA ROHANA, NIM. 08470035 (2012) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A DI MTs N PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)

Abstract

LAILIYA ROHANA. Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A MTs N Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa pada kelas VIII A yang juga berdampak pada prestasi belajar, prestasi belajar pada kelas VIII A lebih rendah dibandingkan dengan kelas VIII yang lainnya pada mata pelajaran akidah akhlak, oleh karena itu perlu adanya tindakan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak yaitu dengan menggunakan strategi active knowledge sharing dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sebelumnya dengan mengambil latar kelas VIII A MTs N Pakem Sleman Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk aspek motivasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk prestasi belajar. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan statistik sederhana untuk menghitung data dan diinterpretasikan dengan kalimat deskriptif agar hasil penelitian dapat tersampaikan kepada pembaca. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun tahap dalam setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Strategi active knowledge sharing dapat digunakan pada pelajaran akidah akhlak khususnya kelas VIII A MTs N Pakem Sleman Yogyakarta. Hal tersebut terbukti adanya peningkatan pada aspek motivasi dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. (1) Pada aspek motivasi siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 9,36 pada kategori sedang meningkat pada pertemuan kedua menjadi 11,12 pada kategori sedang pula. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 12, 16 pada kategori tinggi meningkat pada pertemuan kedua menjadi 13,04 pada kategori tinggi. (2) Pada aspek prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pre test pada siklus I mendapat nilai rata-rata 65,8 meningkat pada post test yaitu 77,4. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pre test yaitu 75,5 meningkat pada post test yaitu 79,4. Dengan demikian, baik aspek motivasi maupun prestasi belajar siswa ratarata mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu 3,68 atau 24,50% pada aspek motivasi, dan 13,6 pada aspek prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 10:50
Last Modified: 27 Mar 2017 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum