ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012

SYAHABUDDIN NUR , NIM. 08420046 (2012) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)

Abstract

Syahabuddin Nur, “Analisis Kualitas Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogakarta Tahun Ajaran 2011-2012”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UTS Bahasa Arab kelas V Semester II di MIN Tempel Sleman Yogyakarta dengan menggunakan Program Anates dan ITEMEN. dan mengetahui apakah butir soal yang dibuat oleh guru sudah mampu mengukur kemampuan siswa dalam bidang keterampilan berbahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011-2012 sebanyak 116 siswa, pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena data penelitian ini berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, Analisis data dengan menggunakan program Microcat Model ITEMEN versi 3.00 dan Anates versi 4.0.5. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa soal UTS Bahasa Arab kelas V yang dibuat oleh guru bahasa Arab MIN Tempel Sleman Yogyakarta jika dilihat dari segi Validitasnya sebanyak 24 soal pilihan ganda dan 14 soal uraian memiliki validitas yang tinggi (valid), dari segi reliabilitasnya soal pilihan ganda mempunyai reliabilitas yang tinggi yaitu 0,86 dan 0, 87 untuk soal Uraian yang berarti (Reliable) ,dilihat dari tingkat kesukaran soal dikategorikan sebagai soal yang terlalu mudah, daya pembeda soal yang diterima sebanyak 26 soal pilihn ganda dan 15 soal uraian, fungsi pengecohnya yaitu sebanyak 58 pengecoh dari 90 pengecoh berfungsi dengan baik, soal tersebut termasuk dalam kategori soal pemahaman kosakata dan belum mengukur kemampuan siswa dibidang keterampilan berbahasa Arab secara keseluruhan karena hanya ada 1 keterampilan yang digunakan yaitu keterampilan menulis, kualitas soal yang dibuat guru bahasa Arab tergolong rendah karena yang bisa dimasukkan ke bank soal hanya 14 soal yaitu butir soal pilihan ganda no 4, 11, 14, 17, 18, 21, 23, 24. Soal uraian 3, 6, 8, 10, 11 dan 15 dari keseluruhan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pelajaran, Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:32
Last Modified: 17 Apr 2017 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum