PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN TIRTO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012

LUTHFIANA HASANATUL LAILY, NIM. 08480025 (2012) PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN TIRTO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

LUTHFIANA HASANATUL LAILY, Penggunaan Metode Active Learning “Index Card Match” Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tirto Salam Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakata: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas IV MIN Tirto tahun ajaran 2011/2012 pada materi Bilangan Romawi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV MIN Tirto yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui pre-test dan post-test, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data prestasi menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test siklus II. Sedangkan untuk analisis presentase ketuntasan belajar menggunakan analisis deskriptif teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Index Card Match dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes prestasi belajar siswa pada pra-tindakan, post-test siklus I, dan post-test siklus II, mengalami peningkatan. Rata-rata 60,36 pada pra-tindakan meningkat menjadi 77,36 pada siklus akhir, dengan peningkatan rata-rata sebesar 17, dan termasuk kategori hasil belajar baik. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar pra-tindakan 35,71% meningkat menjadi 89,29% pada siklus akhir dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning, Index Card Match, Pembelajaran Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:32
Last Modified: 18 Jan 2017 07:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

View Item View Item