PENERAPAN STRATEGPENERAPAN STRATEGI ACTIVE LERNING MODEL QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I’DAD PP. MINHAJUT TAMYIZ TIMOHO YOGYAKARTA

M. IMAN EFFENDI S, NIM. 08420074 (2012) PENERAPAN STRATEGPENERAPAN STRATEGI ACTIVE LERNING MODEL QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS I’DAD PP. MINHAJUT TAMYIZ TIMOHO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

M. Iman Effendi S. Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Santri kelas I’daad melalui strategi Active Learning model Quiz Team di PP. Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah minimnya minat santri dalam pembelajaran bahasa Arab. Minat merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Minat belajar santri dalam pembelajaran bahasa Arab kelas I’daad PP. Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh rendanya kualitas pembelajaran yang dilakukan, selama ini guru hanya menggunakan strategi konvensional sehingga santri sangat minim dilibatkan dalam proses pembelajaran dan menjadikan materi yang disampaikan kurang menarik bagi mereka dan terkesan meremehkan, Oleh karena itu perlu diadakanya penelitiaan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar santri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas bersifat kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian di PP. Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan minat melalui tindakan yang dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : 1. Perencanaan 2. Pelaksanaan 3. Observasi 4. Refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Minat belajar santri dalam pembelajaran bahasa Arab santri kelas I’daad PP. Minhajut Tamyiz sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2). Pelaksanaan strategi Active Learning model Quiz Team dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas I’daad PP. Minhajut Tamyiz dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun pelaksanaan dengan Active Learning model Quiz Team ini berjalan dengan cukup lancar. Strategi Active Learning model Quiz Team dalam pembelajaran ini mencakup diskusi kelompok, pembuatan soal kuis, berlatih mengoreksi jawaban antar kelompok lain, berlatih bertanggung jawab atas jalanya kuis, dan berlatih menghormati jawaban kelompok lain. 3). Adanya peningkatan minat belajar santri terlihat pada antusias dan semangat santri dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab yang ditunjukan dengan masuk kelas hampir tepat waktu, memperhatikan penjelasan dari pengajar, bertanya bila mengalami kesulitan, mau berdiskusi dengan baik dan aktif dalam pembelajaran. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, minat santri pada awal tindakan memiliki nilai rata-rata 1,4 ( rendah), kemudian meningkat menjadi rata-rata 1,9 ( sedang), memasuki siklus II sebesar 2,05 ( sedang), dan meningkat lagi menjadi 2,51 ( tinggi)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Bahasa Arab, strategi Active Learning, Quiz Team
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:31
Last Modified: 10 Apr 2017 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum