UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI TANDUR DI KELAS V MI AL KHOLIDIYAH WIDARAPAYUNG WETAN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011 / 2012

TARYO , NIM: 09480008 – M (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI TANDUR DI KELAS V MI AL KHOLIDIYAH WIDARAPAYUNG WETAN KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2011 / 2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (293kB)

Abstract

Taryo,” Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Strategi Tandur Di Kelas V ( lima ) MI. Al Kholidiyah Widarapayung Wetan Kec. Binangun Kab. Cilacap, Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Tahun 2011/2012. Penelitian ini menarik untuk dilaksanakan, bermula dari latar belakang keresahan penulis sebagai alumni MI Al Kholidiyah yang mengamati dan mengalami secara langsung bahwa : hasil Ulangan Umum Kenaikan Kelas (UKK), kelas V (lima) nilai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia rendah. Padahal, kelas lima merupakan kelas tinggi sebelum mereka menempuh ujian di kelas enam. Secara riil dapat diketahui dari 37 ( tiga puluh tujuh ) siswa yang mendapat nilai di atas KKM kurang dari 60%. Oleh karena itu perlu dicari penyebab mengapa nilai Mata Pelajaran bahasa Indonesia rendah. Diharapkan setelah dicari dan diketahui penyebab rendahnya nilai mata pelajaran tersebut, dapat diketemukan masalah yang sesungguhnya. Adapun metode atau penelitian yang digunakan adalah : Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) atau Classroom Action Reseach (CAR), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi, partisipasi siswa yang diambil dari pengisian angket. Prestasi siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru. Sifat penelitian ini berupa diskriptik analitik non statistik. Dalam pengumpulan data ini, penulis juga mengadakan wawancara, dokumentasi dan angket yang diperoleh dari : Pengurus Yayasan dan Kepala MI. Selain itu, juga dari dokumen dan literatur yang relevan. Metode dalam skripsi ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar perserta didik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia, yaitu meningkatnya nilai prestasi siswa dengan memperoleh nilai di atas KKM. Berdasarkan penelitian, penulis mendapatkan beberapa kesimpulan yaitu : pertama, bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia memerlukan komponen-komponen yang sangat berkaitan erat, yaitu kompetensi guru, profesionalisme, pengembangan kurikulum serta fasilitas sumber belajar, dan lingkungan belajar yang mendukung. Kedua, Hasil pengamatan pembelajaran dengan strategi tandur jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tentu dapat menjadi solusi dalam pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I sebelum menggunakan strategi Tandur menunjukkan persentase siswa dalam memperoleh nilai adalah : (1) nilai dibawah KKM sebesar 70,37 %, nilai diatas KKM sebesar 21,62 %. Hasil prestasi belajar pada siklus I rata-rata hanya mencapai 62,3 sedangkan pada siklus II setelah menggunakan strategi tandur adalah : (1) nilai di bawah KKM hanya 18,22 %, dan nilai di atas KKM sebesar 83,79 %, dengan nilai rata-rata mencapai 87. Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi Tandur, Partisipasi,Prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Setya Santosa, SS, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi Tandur, Partisipasi,Prestasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:32
Last Modified: 23 Jan 2017 04:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item