KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ILQÔ’ AL-MUFRODÂT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ASRAMA TAKHASUS PUTRI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA

TATIK FARICHAH, NIM. 08420143 (2012) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ILQÔ’ AL-MUFRODÂT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ASRAMA TAKHASUS PUTRI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

TATIK FARICHAH. Kegiatan Ekstrakurikuler Ilqô’ Al-Mufrodât Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Asrama Takhasus PutriMadrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa ektra kurikuler merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kurangnya waktu KBM di madrasah menjadi salah satu sebab kurang optimalnya pembelajaran di madrasah, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab yang dianggap sebagai bahasa asing yang cukup sulit bagi siswa. Sesuai dengan salah satu visi dan misi madrasah yaitu menguasai bahasa asing, maka dari itu diadakannya ilqo al mufrodat sebagai kegiatan ekstra kurikuler. Yang menjadi permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ilqo al mufrodat sebagai kegiatan ekstra kurikuler diasrama takhasus putri MA Wahid Hasyim, apa kelebihan dan kekurangan kurikulum tersebut serta bagaimana hasil pelaksanaanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) deskriptif kualitatif, yang dilakukan di asrama takhasus putri Madrasah Aliyah Wahid Hasyim. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu penelitian yang menunjukan pada makna, deskripsi, penjernihan dan penempatan data, yang mana penelitian ini akan menjelaskan tentang proses kegiatan tersebut secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan kegiata ilqō al- mufrodāt siswa dibagi menjadi empat kelompok dengan satu Tutor. Materi yang diberikan yaitu dua kosakata setiap harinya yang dilengkapi dengan kalimat bahasa Arab dari kosakata yang telah diberikan pada hari itu. Kelebihan dari pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler tersebut adalah dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab serta menambah perbendaharaan kosakata siswa sehingga mampu berbicara bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari di asrama. Kekurangannya yaitu membuat sebagian siswa jenuh karena kegiatannya yang lebih monoton dalam pemberian kosakata saja. Evaluasi dilaksanakan pada setiap akhir kegiatan dan akhir pekan yaitu dengan cara siswa menyetorkan kosakata yang telah dihafal berikut dengan contoh kalimat bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:32
Last Modified: 17 Apr 2017 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10359

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum