UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI POKOK KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS Va MI NEGERI SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

TITI SRIYATI , NIM. 09480010-M (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI POKOK KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS Va MI NEGERI SIDANEGARA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (311kB)

Abstract

Titi Sriyati,” Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Pokok Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas Va MI Negeri Sidanegara Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas V mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hal ini sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial mereka kelak, karena negara Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan kebudayaan yang beragam. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana prestasi belajar mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia sebelum menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw di kelas Va, (2) bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia di kelas Va, (3) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia setelah menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw di kelas Va. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan yang setiap pertemuannya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik ang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara, dan dokumentasi. Indikator dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan pengetahuan dan rasa kerja sama pada setiap peserta didik, (2) adanya peningkatan prestasi belajar IPS peserta didik yait meningkatnya prestasi peserta didik di atas KKM 66 yang mencapai 75% dari jumlah peserta didik kelas Va MI Negeri Sidanegara Kedungreja Cilacap. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran jigsaw dilaksanakan dalam enam tahapan yaitu pembagian kelompok, pemberian bahan akademik, diskusi kelompok, presentasi peserta didik, evaluasi, memberikan kesimpulan. Hasil prestasi belajar IPS peserta didik pada siklus I rata-rata 64,09 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 43,75%, hasil prestasi belajar siklus II rata-rata 69,65 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 68,75%, hasil prestasi belajar pada siklus III rata-rata 77,12 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,75%. Kata Kunci : Pembelajaran IPS SD/MI, Jigsaw, Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS SD/MI, Jigsaw, Prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:32
Last Modified: 23 Jan 2017 04:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item View Item