KONSEP PENYADARAN MENURUT PAULO FREIRE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

MADRO’I, NIM. 07410257 (2012) KONSEP PENYADARAN MENURUT PAULO FREIRE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

MADRO’I. Konsep Penyadaran Menurut Paulo Freire dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini berawal dari kenyataan yang menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk yang berkesadaran. Paulo Freire adalah salah satu tokoh pendidikan yang menyatakan bahwa kesadaran kritis adalah puncak kesadaran manusia. Namun Kesadaran kritis menurut Paulo Freire ini menurut peneliti hanya menjadikan realitas sosial dan sistem sebagai obyek kajian dan permasalahan. Kesadaran ini hanya terbatas pada realitas dunia. Permasalahan ini tentunya sangat erat kaitannya dengan proses penyadaran yang telah dilakukan oleh Paulo Freire. Dasar inilah yang kemudian menjadikan peneliti tertarik untuk menjadikan topik ini sebagai obyek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep penyadaran menurut Paulo Freire, penyadaran dalam pendidikan Islam, dan konsep penyadaran menurut Paulo Freire dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang tergolong dalam jenis penelitian pustaka, dengan menagambil latar konsep penyadaran menurut Paulo Freire. Penelitian ini menggunakan pendekatan histories-filosofis. Analisis data dilakukan dengan metode hermeneutik dan content analysis (analisis isi). Jadi penelitian ini secara umum menggunakan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Konsep penyadaran menurut Paulo Freire adalah dengan Pendidikan Hadap Masalah. Manusia dituntut untuk sadar tentang hakikat keberadaan dirinya di dunia dan realitas lingkungannya. Konsep penyadaran ini pada kenyataannya hanya diorientasikan atau bertujuan pada kesadaran manusia terhadap dunia. Menyadarkan manusia bahwa pada hakikatnya ia merupakan makhluk yang bebas bukan makhluk yang tertindas. 2) Konsep penyadaran dalam pendidikan Islam, tidak hanya diorientasikan pada kepentingan dunia. Manusia dituntut untuk sadar bukan hanya pada keberadaan dirinya dan lingkungan sekitarnya, namun juga harus menyadari akan realitas tertinggi yaitu Allah SWT. 3) Konsep penyadaran menurut Paulo Freire jika ditinjau dari perspektif pendidikan Islam memang tidak ada salahnya, namun penyadaran tersebut masih kurang relevan jika di kontekskan dengan pendidikan Islam. Konsep penyadaran menurut Paulo Freire ini hanya berorientasi pada kepentingan manusia di dunia, sementara pendidikan Islam menghendaki para peserta didiknya menyadari akan realitas dunia dan akhirat (sosial dan spiritual). Inilah yang membedakan antara konsep penyadaran menurut Paulo Freire dengan pendidikan Islam, konsep penyadaran Paulo Freire hanya terbatas pada realitas dunia sedangkan pendidikan Islam meliputi realitas dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Penyadaran, Paulo Freire, Perspektif Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:32
Last Modified: 13 Mar 2014 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum